Penerapan model PjBL dalam pembelajaran pasing bawah bola voli

Mariani Agustini Raaiyatini, Syamsul Arifin

Abstract


Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK) merupakan bagian integral dari pendidikan secara keseluruhan, bertujuan untuk mengembangkan aspek kebugaran jasmani, keterampilan gerak, keterampilan berpikir kritis, keterampilan social, penalaran, stabilitas emosional, tindakan moral, aspek pola hidup sehat dan pengenalan lingkungan bersih melalui aktivitas jasmani olahraga dan kesehatan terpilih yang direncanakan secara sistematis dalam rangka mencapai tujuan pendidikan nasional. Mata pelajaran PJOK mempunyai peran penting pembentukan manusia seutuhnya termasuk pada sisi kesehatan melalui beragam aktifitas fisik yang dapat dilakukan. Teknik permainan bola voli terdiri dari atas: servis, passing, smash dan blocking. Passing bawah digunakan untuk menerima servis , spike yang diarahkan dengan keras , bola-bola jatuh dan bola yang mengarah ke jarring. Pada pembelajaran peserta didik seringkali menghadapi hambatan pada penguasaan keterampilan passing bawah bola voli, sehingga pendidik diharapkan memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran berbasis proyek adalah model pembelajaran yang dapat digunakan untuk menerapkan pengetahuan yang sudah dimiliki, melatih berbagai keterampilan berpikir, sikap, dan keterampilan konkret. Model Project Based Learning (PJBL) dapat diterapkan pada pembelajaran passing bawah bola voli.

Keywords


model PjBL; pasing bawah

Full Text:

PDF

References


Gazali, N. (2016). Kontribusi Kekuatan Otot Lengan Tehadap Kemampuan Servis Atas Atlet Bolavoli. Journal of Physical Education, Health and Sport, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.15294/jpehs.v3i1.6496

Irianto, T. (2018). Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar. Jurnal Multilateral, 13(1), 58–61. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v13i1.6107

Khairullah, M., Heritawarni, H., & Kahri, M. (2021). Implementasi KI dan KD Pada Pembelajaran PJOK Pada Kurikulum 2013 Di Sekolah Menegah Atas Negeri 3 Kota Banjarbaru Tahun Ajaran 2019/2020. 2(1), 41–46. http://103.81.100.242/index.php/mpj/article/view/1053/559

Kusumaningrum, S., & Djukri, D. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan kreativitas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 241. https://doi.org/10.21831/jipi.v2i2.5557

Marheni, E., Purnomo, E., & Jermaina, N. (2020). The Influence Of Project Based Learning Learning Outcomes And Gender In Learning Sport Physical And Health (PJOK) In Schools. Kinestetik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 4(2), 70–75. https://doi.org/10.33369/jk.v4i2.12412

Martiani, M. (2021). Kemandirian Belajar Melalui Metode Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 480–486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.337

Mashud, M. (2021). Penelitian Tindakan Berbasis Project Based Learning Kelas Pendidikan Jasmani (PTK) dan Kelas Olahraga (PTO). Zifatama Jawara.

Mukholid, A. (2007). Pendidikan Jasmani 1 olahraga dan kesehatan. Yudhistira Ghalia Indonesia.

Rohendi, A., & Suwandar, E. (2018). Metode latihan dan pembelajaran bola voli untuk umum (M. Mulyana (ed.)). Bandung: Alfabeta.

Sembiring, O. (2021). Meningkatkan Minat Siswa Kelas X-C Terhadap Pembelajaran Bola Voli Di SMK Negeri 11 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/benchmarking/article/view/9911/4646

TAIDI, A. and others. (2019). Pembelajaran Dengan Model direct Instruction Untuk Meningkatkan Keterampilan Passing Bawah Pada Permainan Bola Voli Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sumawa. Skripsi, 1. https://repository.ung.ac.id/skripsi/show/831412064/pembelajaran-dengan-model-direct-instruction-untuk-meningkatkan-keterampilan-passing-bawah-pada-permainan-bola-voli-siswa-kelas-x-sma-negeri-1-suwawa.html

Tayeb, T. (2017). Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(02), 48–55. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/auladuna.v4i2a5.2017

Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor20tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, I. C. W. (2016). Tingkat Keterampilan Dasar Bermain Bola Voli Siswa Putra Yang Mengikuti Ekstrakurikuler Bola Voli Di SMP Negeri 3 Sleman Tahun Ajaran 2015/2016. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 1(november). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pjkr/article/view/2080/1779

Zainal, A., Rumansyah, R., & Kurniawan, A. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16327

Article Metrics

Abstract view : 3536 times
PDF - 3157 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats