Gaya mengajar resiprokal dalam pembelajaran variasi lari pada siswa kelas IV-A SDN sungai jingah 5 banjarmasin

Panji Rifqi Maulana, Rahmadi Rahmadi, Nor Raini Syaripah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar variasi lari dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal. Rancangan penelitian mengunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari empat tahapan yaitu 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) observasi dan 4) refleksi. Instrumen dalam penelitian ini adalah pengumpulan data tes unjuk kerja. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan pendekatan gaya mengajar resiprokal. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IVa SDN Sungai Jingah 5 Banjarmasin yang berjumlah 27 orang, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Berdasarkan analisis data menunjukkan hasil belajar variasi lari pada siklus I sebesar 36% (9 orang) kemudian pada siklus II meningkat sebesar 72% (18 orang) dinyatakan tuntas Hasil analisis menunjukkan ketuntasan hasil belajar variasi lari dengan penerapan gaya mengajar resiprokal pada siklus I ke siklus II mengalami perbaikan dan perubahan peningkatan ketuntasan secara individual maupun secara keseluruhan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar variasi lari pada siswa kelas IVa SDN Sungai jingah 5 Banjarmasin


Keywords


gaya mengajar resiprokal; variasi lari

Full Text:

PDF

References


Aditya Budi Setiawan, R., Nopembri, S., Oleh, D., Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan, J., Kunci, K., Mengajar, G., & Penjas, G. (2013). PENGGUNAAN GAYA MENGAJAR “MOSSTON” OLEH GURU PENDIDIKAN JASMANI DI SMA SE-KOTA YOGYAKARTA. In Oleh Guru Pendidikan Jasmani Di SMA Se-Kota Yogyakarta 7 JPJI (Vol. 9, Issue 1). https://doi.org/10.21831/jpji.v9i1.3057

Bayu, O. :, Fakultas, N., & Keolahragaan, I. (n.d.). PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA USIA DINI. https://doi.org/10.21831/jpa.v4i1.12344

Daud, A., Dar, I., & Rokan Hilir, A. (n.d.). Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial. 17(1). https://doi.org/10.5296/ijld.v8i1.12

Hasmarita, S., & Kurnia, D. (2020). Pengaruh gaya mengajar dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar forehand drive tenis meja The effect of teaching style and motor ability on learning outcomes of Table tennis forehand drive. In Journal of Physical and Outdoor Education (Vol. 2, Issue 2). https://doi.org/10.37742/jpoe.v2i2.58

Ihwanto, N. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Aktivitas Gerak Berirama Siswa Kelas V Melalui Google Meet Disertai Video Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19. Jendela Olahraga, 7(1), 35–49. https://doi.org/10.26877/jo.v6i1.6225

Ilmiah, J., Bina Guna Medan, S., & Medan, ; Jurnal Ilmiah Stok Bina Guna. (n.d.-a). Kontribusi Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas (Vol. 7). https://doi.org/10.55081/jsbg.v7i1.11

Ilmiah, J., Bina Guna Medan, S., & Medan; Jurnal Ilmiah Stok Bina Guna. (n.d.-b). Penerapan Gaya Mengajar Resiprokal Pada Passing Sepak Bola Siswa Kelas Xi Smk (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.55081/jsbg.v5i1.457

Ilmiah, J., Bina Guna Medan, S., & Medan; Jurnal Ilmiah Stok Bina Guna. (2017). Penerapan Gaya Mengajar Inklusi Menggunakan Media Yang Dimodifikasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tolak Peluru (Vol. 5, Issue 1). https://doi.org/10.55081/jsbg.v5i1.453

Junaidi, J. (2016). Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Dalam Pembelajaran Permainan Bola Voli Terhadap Pengembangan Kreativitas Siswa. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 1(1), 17. https://doi.org/10.17509/jpjo.v1i1.3660

Literasi Olahraga, J., Suminta, I., Nugroho, S., Afrinaldi, R., Akbar Izzuddin, D., Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P., &

Keguruan dan Imu, F. (2021). Pengaruh Gaya Mengajar Resiprokal Terhadap Gerak Dasar (Shooting) Pada Ekstrakulikuler Sepakbola di SMP Negeri 1 Rengasdengklok. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JLO

Munawar, A. Al, Abady, A. N., & Tarigan, P. (2018). Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Lari Sprint Melalui Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri 36 Medan Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan. 6, 1–10. https://doi.org/10.55081/jsbg.v6i1.464

Permendikbud. (2018). Permendikbud RI Nomor 37 tahun 2018. JDIH Kemendikbud, 2025, 1–527.

Prihantoro, A., & Hidayat, F. (2019). Melakukan Penelitian Tindakan Kelas. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 9(1), 49–60. https://doi.org/10.47200/ulumuddin.v9i1.283

Studi, P., Guru, P., Dasar, S., Jasmani, P., Olahraga, D. P., Pendidikan, F., Dan, O., & Indonesia, U. P. (2018). Penerapan gaya mengajar resiprokal dalam berbagai aktivitas permainan terhadap hasil belajar gerak dasar lari siswa.

Sunaryo. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Keaktifan dalam Pembelajaran Lari Cepat Melalui Bermain pada Siswa Kelas V SDN 1 Ringin Semester II T.A 2016/2017. Didaktika PGRI, 4(1), 49–57.

Warni, H. (n.d.). Gaya Mengajar Inklusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Spesifik Servis Bawah Bola Voli Siswa Kelas VII. https://doi.org/10.24036/patriot.v%vi%i.870




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16346

Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 292 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats