Inovasi pembelajaran penjas berbasis permainan tradisional di SDN inti tomoli
Abstract
Permainan tradisional telah lama menjadi bagian integral dari budaya dan sejarah masyarakat di seluruh dunia. Seiring dengan kemajuan teknologi dan perkembangan pendidikan, perhatian terhadap penggunaan permainan tradisional sebagai alat pembelajaran semakin meningkat. Inovasi pembelajaran berbasis permainan tradisional telah menjadi area penelitian yang menarik dan menjanjikan.ini menggambarkan konsep dan manfaat inovasi pembelajaran berbasis permainan tradisional dalam konteks pendidikan. Pertama, inovasi ini melibatkan penggunaan permainan tradisional sebagai sarana interaktif untuk mengajarkan konsep-konsep akademik, keterampilan sosial, dan nilai-nilai budaya kepada siswa. Melalui pengalaman bermain, siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang topik yang kompleks,mengembangkan kemampuan berpikir kritis, dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran.Kedua, inovasi ini memanfaatkan teknologi modern untuk memperkaya pengalaman permainan tradisional. Misalnya, penggunaan perangkat lunak komputer atau aplikasi ponsel cerdas dapat menggabungkan elemen permainan dengan konten pendidikan yang disesuaikan. Dengan demikian, dari hasil pemelitian di lakukan di SDN INTI TOMOLI dapat berkembang dengan baik, sambil memanfaatkan kemajuan teknologi yang ada.Ketiga, inovasi pembelajaran berbasis permainan tradisional juga mendukung pemelajaran yang kolaboratif dan inklusif. Dalam permainan tradisional, harus berinteraksi dan bekerja sama dengan rekan-rekan mereka untuk mencapai tujuan bersama. Hal ini membantu membangun keterampilan pengerjaan, komunikasi, dan pemecahan masalah. Selain itu, permainan tradisional sering melibatkan unsur fisik, yang dapat membantu mengurangi kecenderungan penat pada siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriyani, Tuti. 2012. Permainan Tradisional Dalam Membentuk Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Sosial Budaya Vol. 9, No. 1, hlm. 112-136.
Borg, W.R., & Gall, M.D. 2007. Education research, (ed.). New York: Longman Inc.
Cahyono, N. 2013. Transformasi Permainan Anak Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun III, Nomor 1.
Megawangi, Ratna. 2010. Membangun Karakter Anak melalui Brain-based Parenty (Pola Asuh)
Ramah Otak Indonesia. Heritage Foundation. Noor, 2012. Mengembangkan Karakter Anak Secara Efektif Disekolah dan Dirumah. Yogyakarta: PT Pustaka
Insan Madani. Wardani, D. 2009. Bermain Sambil Belajar. Bandung: Edukasia.
Gunawan, Dlis, F., & Widiastuti. (2019). Effect of Interactive Multimedia Learning To Learn. Journal of Education, Health and Sport, 9(9), 263–270. http://ojs.ukw.edu.pl/index.php/johs/article/download/7407/9065
Herawan, K.D. 2017. Relevansi Nilai Pendidikan Karakter Dalam Geguritan Suddhamala Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di Indonesia. Jurnal Penjamin Mutu, Vol. 3, No. 2, hlm. 223-236.
Judiani, Sri. 2010. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Penguatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Edisi Khusus III, hlm. 280-289.
Maksum, Ali. 2009. Konstruksi Nilai melalui Pendidikan Olahraga. Cakrawala Pendidikan. Tahun. XXVIII, No. 1, hlm. 25-34.
Nur, Haerani. 2013. Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun III, No 1, hlm. 87-94.
Parmini, N.P. 2015. Eksistensi Cerita Rakyat Dalam Pendidikan Karakter Siswa SD di Ubud. Jurnal Kajian Bali, Vol. 05, No. 02, hlm. 441-460. 2 No. 1. hlm. 8-16. ISSN 2252-637.
Qodriyah H.S. dan Wangid, M.N. 2015. Pengembangan SSP Tematik Integratif Untuk Membangun Karakter Kejujuran dan Kepedulian Siswa SD Kelas II. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 3, No. 2, hlm. 177-189. ISSN: 2338-4743
Wahyudi, A.B.E. dan Suardimaniti, S.P. 2013. Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Bermain Peran Pada Siswa SD. Jurnal Prima Edukasia, Vol. 1, No. 2, hlm. 113-123.
Waluyo, Bambang. 2014. Optimalisasi Pemberantasan Korupsi di Indonesia. Jurnal Yuridis Vol. 1 No. 2, hlm. 169-182. ISSN: 1693448.
Wuryandani, Wuri. 2014. Pendidikan Karakter Disiplin Di Sekolah Dasar. Cakrawala Pendidikan. Vol. XXXIII, No. 2, hlm. 286-295. Dokumen resmi Kemendiknas. 2010. Pembinaan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16577
Article Metrics
Abstract view : 1584 timesPDF - 756 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.