Inovasi model pembelajaran digital pada guru pjok di kecamatan palu utara

Faturahim Faturahim, Didik Purwanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru – guru PJOK memanfaatkan teknologi digital dalam proses pembelajaran khususnya diwilayah Kecamatan Palu Utara. Penelitian ini mengkaji tentang penguasaan inovasi pembelajaran di era digital bagi guru PJOK diwilayah Kecamatan Palu Utara, dimana proses pembelajaran pendidikan jasmani diwilayah Kecamatan Palu Utara tersebut masih sangat terbatas dalam pemanfaatan teknologi digital. Inovasi dibutuhkan agar pemanfaatan teknologi digital bisa dilakukan secara optimal dan menyeluruh. Pada penelitian ini, penulis menggunakan studi literatur yang diambil dari berbagai sumber tertulis seperti artikel, jurnal, dan dokumen yang relevan dengan kajian pada penelitian ini. Hasil studi menunjukkan bahwa dengan menerapkan sistem penggunaan teknologi digital pada pembelajaran blended learning dihasilkan peningkatan kemampuan guru PJOK dalam memanfaatkan teknologi digital diwilayah Kecamatan Palu Utara. Kehadiran teknologi saat ini, harapannya dapat dimanfaatkan dengan baik oleh semua pihak seperti guru dan pelaku pendidikan lainnya. Pemanfaatan teknologi digital sangat berdampak positif bagi Guru PJOK diwilayah Kecamatan Palu Utara dalam menyelenggarakan proses pembelajaran blended learning.


Keywords


pemanfaatan teknologi digital; guru PJOK

Full Text:

PDF

References


Alomari, A. 2009. “Investigating Online Learning Environments in a WebBased Math Course in Jordan”. International Journal of Education and Development using Information and Communication Technology (IJEDICT), 2009, Vol. 5, Issue 3, pp. 19-36

Annarino, Anthony A., Cowell, Charles C., & Hazelton, Helen W. 1980. Curriculum Theory and Design in Physical Education. TorontoLondon: Mosby Company.

Arani, A. 2004. “The Effect of ICT-Based Teaching Method on Medical Students‟ ESP Learning [versi elektronik]”. Journal of Medical Education, Winter 2004, Vol. 4, No. 2.

Arif S. Sadiman,dkk. 2006. Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Aunurrahman. 2014. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Lampiran Standar Isi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta.

Balasubramanian, Kandappan., V,Jaykumar & Fukey, Leena Nitin. 2014. A Study on "Student Preference Towards the Use of Edmodo as a Learning Platform to Create Responsible Learning Environment".5th Asia Euro Conference 2014. Procedia-Social and Behavioral Sciences 144 (2014) 416–422. aSchool of Hospitality, Tourism and Culinary Arts, Taylor‟s University, No.1, Jalan Taylor‟s, 47500 Subang Jaya, Selangor, Malaysia bChrist University, Hosur Road, Bangalore 560029. India

Daryanto. 2013. Menyusun Modul: Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Dewey, J. 2005. Experience and Education. United States: Kappa Delta Pi.

Dimyati, M. 2009. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dwiyogo, W.D. 2008. Dimensi Teknologi Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Dwiyogo, Wasis D. 2008. Aplikasi Teknologi Pembelajaran Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga. Malang: Wineka Media.

Dwiyogo, Wasis. D. 2013. Media Pembelajaran. Malang: Wineka Media.

Fitts, P. M. dan Posner, M. I. 1967. Human Performance. Oxford: Brooks and Cole.

Gunawan. 2021. “Pengaruh Pembelajaran Multimedia Terhadap Tingkat Pengetahuan Gerak Dasar Permainan Bolavoli Mahasiswa Olahraga.” 0383:52–58.

Gunawan, Firmansyah Dlis, and Widiastuti. 2019. “Effect of Interactive Multimedia Learning To Learn.” Journal of Education, Health and Sport 9(9):263–70.

Fullick, Patrick. 2004. Teaching Secondary Science With ICT. New York:Januszewski & Molenda, M. 2008. Educational Technology: a definition with commentary, (pp) 82-130. NewYork: Routledge.

Juuti, K., Lavonen J., Aksela, M., Meisalo, V. 2009. “Adoption of ICT in Science Education: A Case Study of Communi cation Channels in A Teachers‟ Pro fessional Development Projects”. Eurasia Journal of Mathe matics, Science &Technology Education, 5(2):103-118.

Latif, dkk. 2013. “Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Camtasia pada Pokok Bahasan Lingkaran melalui Edmodo untuk siswa MTs”. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, (Vol 4 No 2 Tahun 2013).

Lumpkin, Angela. 2011. Introduction To Physical Education, Exercise Science, And Sport Studies Eighth Edition. New York: The McGraw-Hill Companies.

Mills, C.S. 2006. Using the Internet forActive Teaching and Learning. Ohio: Pearson Merrill Prentice Hall.

Muhajir. 2007. Pendidikan Jasmani Teori dan Praktek. Jakarta: PT Erlangga.

Mulyasa, E. 2013. Pengembangan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munir. 2009. Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta

Pemerintah Republik Indonesia. 2013. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 23 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta.

Rahyubi, Heri. 2012. Teori-teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Rusman, K. & Cepi, R. 2012. Pembelajran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikas: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Jakata: Rajawali Pers.

Samsudin. 2008. Keterampilan Gerak. Bandung: Nusa Media

Sihaan, Sudirman. 2003. E-Learning (Pembelajaran Elektronik) Sebagai salah satu Alternatif Kegiatan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan No, 042-Mei 2003. Jakarta: Depdiknas.

Suyanto & Jihad, Asep. 2012. Menjadi Guru Profesional.Jakarta: Erlangga Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No 18 tahun 2002 tentang Sistem Nasional Penelitian, Pengembangan, dan Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. online diakses tanggal 4 April 2016 http://litbang.pu.go.id/sni/upload/legalespek/uu-18-th2012.pdf.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 03 Tahun 2005 Tentang SistemKeolahragaan Nasional

Wuest, Deborah A., & Bucher, Chaerles A. 2009. Foundations of Physical Education, Exercise Sciene And Sport 16Ed. Nwe York: McGraw-Hill Education.www.edmodo.com




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16578

Article Metrics

Abstract view : 1743 times
PDF - 928 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats