Pengembangan bahan ajar pembelajaran pjok materi perm ainan sepakbola berbasis multimedia interaktif pada siswa kelas vii smp negeri 13 sigi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 13 Sigi dalam proses pembelajaran PJOK materi permainan sepakbola, khususnya kemampuan kognitif dengan pengembangan bahan ajar sebagai sumber belajar kepada siswa dan guru agar dapat mempermudah dalam mencapai tujuan pembelajaran. Pengembangan bahan ajar yaitu untuk pembelajaran yang berbasis multimedia interaktif sebagai inovasi terbaru dalam pengembangan teknologi pembelajaran agar dapat meningkatkan kemampuan dalam proses pembelajaran khususnya peningkatan kemampuan kognitif yang dapat mengembangkan pola pikir, kemauan belajar, perhatian agar mendapatkan hasil pembelajaran lebih baik. Dalam penelitian ini menggunakan model penelitian Pengembangan. Dengan menerapkan pengembangan bahan ajar terbukti meningkatkan kemampuan kognitif pada pembelajaran PJOK materi permainan sepakbola siswa kelas VII pada SMP Negeri 13 sigi. Hasil dari pengembangan bahan ajar layak diterapkan dalam pengembangan media pembelajaran kepada guru dan siswa dalam mendukung proses pembelajaran di SMP Negeri 13 Sigi. Jadi kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian adalah dengan pengembangan bahan ajar pembelajaran PJOK materi permainan sepakbola berbasis Multimedia Interaktif, dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VII SMP Negeri 13 Sigi, khususnya kemampuan kognitif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ade, S. M. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif.
Ashfahany, F. A., Adi, S., & Hariyanto, E. (2017). Bahan Ajar Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Dalam Bentuk Multimedia Interaktif untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(2), 261-267.
Eliyanti, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran Dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 3(2).
Gunawan, Hendrik, Mentara, S. (2022). The effect of ZIG ZAG training on drilling ability in extracurricular football students, Central Sulawesi. 12(7), 127–135.
Gunawan. (2021). Pengaruh pembelajaran multimedia terhadap tingkat pengetahuan gerak dasar permainan bolavoli mahasiswa olahraga. 0383, 52–58.
Gunawan, Dlis, F., & Widiastuti. (2019). Effect of Interactive Multimedia Learning To Learn. Journal of Education, Health and Sport, 9(9), 263–270. http://ojs.ukw.edu.pl/index.php/johs/article/download/7407/9065
Hernawan, A. H., Permasih, H., & Dewi, L. (2012). Pengembangan bahan ajar. Direktorat UPI, Bandung, 4(11), 1-13.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan bahan ajar. Bumi Aksara.
Santoso, D. A. (2019, October). Peran pengembangan media terhadap keberhasilan pembelajaran PJOK di sekolah. In Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG) (Vol. 2, No. 1).
SANTOSO, Danang Ari, et al. Peran pengembangan media terhadap keberhasilan pembelajaran PJOK di sekolah. In: Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga (SENALOG). 2019.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16585
Article Metrics
Abstract view : 570 timesPDF - 607 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.