Pengembangan model permainan edukit box terhadap kemampuan peningkatan kognitif dan motorik halus siswa

Surya Adi Saputra, Jonni Mardizal, Maya Luthfia Agustin

Abstract


Tujuan Penelitian ini disusun bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan motorik halus anak. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model yang meliputi uji tahap I dan uji tahap II. Hasil akhir dari penelitian ini berupa produk yang bernama Edukit Box. Pada penelitian ini menggunakan 43 sampel yang meliputi anak-anak usia 6-10 tahun. Hasil data pada penelitian ini mengenai kemampuan kognitif para responden yaitu: 41,86% dan 30,28% dapat dikatakan sebagai kategori belom berkembang, 32,56% dan 18,60% dikategorikan masih berkembang, 18,60% dan 23,26% dikategorikan berkembang sesuai harapan, dan 6,98% dan 27,91% dikategorikan berkembang sangat baik. Sedangkan dalam aspek kemampuan keterampilan motorik halus para responden maka dapat dikatakan bahwa: 48,83% dan 32,56% dikategorikan belom berubah, 27,91% dan 13,95% dikategorikan masih berkembang, 16,28% dan 34,88% dikategorikan berkembang sesuai harapan dan 6,98% dan 18,60% dikategorikan berkembang sangat baik. Kesimpulan berdasarkan data penelitian maka dapat dikatakan bahwa Edukit Box merupakan salah satu alat media bermain yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan kemampuan motorik halus anak.


Keywords


edukit box; kognitif; motorik halus

Full Text:

PDF Similarity Check

References


Agus, R. M., & Fahrizqi, E. B. (2020). Analisis Tingkat Kepercayaan Diri saat Bertanding Atlet Pencak Silat Perguruan Satria Sejati. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 19(2), 164–174. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.9117

Anggriyani, A. (2018). Peranan Kegiatan Menggambar dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak di Kelompok B TK Bungamputi DWP Untad Palu. Jurnal Bungamputi, 2(9). http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bungamputi/article/view/3297

Gellner, E. (2015). Nations and nationalism. In Conflict after the Cold War (pp. 378–389). Routledge

Gerhana, M. T. C., Mardiyana, M., & Pramudya, I. (2017). The Effectiveness of Project Based Learning in Trigonometry. International Conference on Mathematics and Science Education (ICMScE) Journal of Physics: Conference Series, 895, 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012027

Guno, D. C., & Wulanningrum, D. N. (2018). Gambaran Perilaku Kecanduan Game online pada Anak Usia Sekolah di Wilayah Kecamatan Magetan. Tesis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hakim, L., & Susanto, R. (2021). Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga Kesehatan di Tengah Darurat Covid-19 di Surabaya, dapatkah diterapkan?. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 20(3), 237–252. https://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v20i3.11242

Indriana, U (2017). Hubungan antara Kegiatan Menggambar dengan Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia Dini di PAUD Aisyah Desa Karang Peranti Kecamatan Pajarakan Kabubaten Probolinggo. Skripsi. Universitas Jember

Kurniawan, R., Pradana, I. A., & Heynoek, F. P. (2022). Pengembangan Modul Guru Materi Variasi dan Kombinasi Gerak Lokomotor Non-Lokomotor Manipulatif untuk Siswa Autis. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 21(2), 98-114. https://doi.org/10.20527/multilateral.v21i2.13161

Lusiantri, L., & Mashud, M. (2023). Integrasi Model Pembelajaran PjBL dengan Inklusi dalam Pembelajaran Lompat Jauh. Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 22(4), 45-53. https://doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16318

Mashud, Arifin, S., Kristiyandaru, A., Samodra, Y. T. J., Santika, I. G. P. N. A., Suryadi, D. (2023). Integration of Project Based Learning Models with Interactive. Multimedia: Innovative Efforts to Improve Student Breaststroke. Physical Education of Students, 27(3), 118-125. https://doi.org/10.15561/20755279.2023.0304

Machmud, H., & Wahyuni, R. (2020). Mengembangkan Kreatifitas Motorik Halus Anak dengan Finger Painting menggunakan Tepung Sagu di Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara. Shautut Tarbiyah, 26(1), 85–98. http://dx.doi.org/10.31332/str.v26i1.1841

Meuer, J., Rupietta, C., & Backes-Gellner, U. (2015). Layers of co-existing innovation systems. Research Policy, 44(4), 888–910. https://doi.org/10.1016/j.respol.2015.01.013

Pangkey, F. R., & Mahfud, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Gerak Dasar Roll Belakang pada Anak Sekolah Dasar. Journal Of Physical Education, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.33365/joupe.v1i1.183

Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika yang Dihadapi Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19: Problematika dan Solusi. Qawwam, 14(1), 29–50. https://doi.org/10.20414/qawwam.v14i1.2310

Satrianawati, S. (2018). Social, Psychological, and Emotional: Autism Children Factors by Case Study within Face to Face Approach. International Journal of Active Learning, 3(1), 14–22. https://doi.org/10.15294/ijal.v3i1.10879

Setyorini, Advendi. K., & Yeti, M. P. (2023). Pembelajaran Play-Teach-Play: Upaya meningkatkan Hasil Belajar Gerak Manipulative Peserta Didik Kelas I, Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 22(2), 116-130. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i2.15942

Yudi, H.R., & Sugianti. (2020). Penelitian Pengembangan Model ADDIE dan R2D2. Lembaga Academic & Research Institute. Pasuruan




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i1.17194

Article Metrics

Abstract view : 271 times
PDF - 81 times Similarity Check - 243 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats