Inovasi Pemainan Goara-Goara Berbasis Konservasi dan Mendukung Sports Tourism
Abstract
Seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), menyebabkan permainan tradisional semakin luntur dan beralih ke permainan game online. Adanya game online ini menyebabkan anak cenderung malas bergerak dan tidak bermain permainan tradisional. Salah satu solusi yang ditawarkan dalam upaya konservasi permainan tradisional dan mendukung sport tourism ini dengan cara memodifikasi atau berinovasi permainan/olahraga tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas model dan menganalisis minat serta ketertarikan masyarakat terhadap inovasi permainan Goara-Goara. Desain penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan pendekatan sequential explanatory dan menggunakan 200 orang responden. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat dan ketertarikan masyarakat di daerah wisata candi Borobudur terhadap permainan Goara-Goara sangat tinggi. Tingginya antusias, minat dan ketertarikan masyarakat dalam bermain goara-goara ini dikarenakan beberapa hal seperti; (1) Kreatif dan inovatif (2) tidak membosankan (3) lebih terlihat unsur kompetisinya (4) permainan goara-goara yang dibuat seperti sirkuit dan banyak pos menjadi lebih menarik dan menantang (5) dapat meningkatkan kekuatan, kelincahan, keseimbangan, ketepatan dan daya tahan (6) berpartisipasi aktif dalam pelestarian permainan/olahraga tradisional (7) Berpartisipasi dalam mengembangkan sport tourism (8) menjaga kesehatan dan meningkatkan kebugaran jasmani.
Keywords
References
Adhariah, I. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa. UIN Banten, 1(1), 273–288.
Anggita, G. M. (2019). Eksistensi Permainan Tradisional sebagai Warisan Budaya Bangsa. JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 3(2), 55. https://doi.org/10.26740/jossae.v3n2.p55-59
Anggono, D. T., & Nurhidayat, N. (2024). Pengaruh permainan tradisional terhadap peningkatan kebugaran jasmani. Jurnal Porkes, 7(1), 172–181. https://doi.org/10.29408/porkes.v7i1.24081
Angreza, B., & Purwanto, D. (2023). Inovasi pembelajaran penjas berbasis permainan tradisional di SDN inti tomoli Traditional game-based physical education learning innovation AT Inti Tomoli Elementary School empirik betapa pentingnya penanaman karakter dalam kegiatan belajar ada dalam mata. MULTILATERAL: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 22(4), 99–106. http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v22i4.16577%0AProgram
Aulia, W., Suryansah, S., & Januarto, O. B. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa SMP: Literature Review. Sport Science and Health, 4(1), 94–102. https://doi.org/ 10.17977/um062v4i12022p94-102
Chaelani, I. (2020). Pengembangan Model Permainan Tradisional Jawa Tengah Untuk Pembelajaran Matematika. UMP, 1(September 2019), 1–18.
Dewi, A. P., Hodijah, O., & Delisma, O. (2023). Pemanfaatan Permainan Tradisional Di Tengah Maraknya Gadget Pada Anak Usia Sekolah Dasar (Studi Kasus terhadap Siswa di SDN 231 Suka Asih Mandalajati Bandung). Midang, 1(2), 75–81. https://app.dimensions.ai/details/publication/pub. 1164936435%0Ahttps://jurnal.unpad.ac.id/midang/article/download/47025/pdf
Fauzi, R. A., Mulyanto, R., & Lengkana, A. S. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani Siswa Kelas V Di Sekolah Dasar Negeri Budiharja. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 7(2), 301–312. https://doi.org/10.37058/sport.v7i2.7612
Hadi, W., & Yulianto, A. (2021). Menggali Potensi Wisata Alam Untuk Kegiatan Sport Tourism Di Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(2), 142–150. https://doi.org/10.31294/khi.v12i2.11053
Kemenparekraf. (2022). Event Sport Tourism Indonesia Paling Ditunggu di Tahun 2022. https://www.kemenparekraf.go.id/ragam-pariwisata/event-sport-tourism-indonesia-paling-ditunggu-di-tahun-2022
Khomsan, A. (2021). Menjaga Kebugaran di Saat Pandemi Covid-19. In Media Indonesia (p. 2). https://m.mediaindonesia.com/opini/429691/menjaga-kebugaran-di-saat-
Kurniawati. (2022). Tour de Borobudur XXII Digelar , Gaungkan Sport Tourism Dengan Wisata Sepeda. https://www.beritamagelang.id/tour-de-borobudur-xxii-digelar-gaungkan-sport-tourism-dengan-wisata-sepeda
Rifaldi, A., Algipari, M. A., & Taqiyudin, A. (2023). Socialization of Traditional Games To the Alpha. KARYA:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 146–150.
Sa’diyah, D. (2022). Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Aspek Perkembangan Moral Anak SD. Sinar Dunia: Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–66. https://doi.org/10.58192/sidu.v2i1.504
Santoso, S. (2017). Sepak Bola Egrang (Untung Nugroho (ed.); 1st ed.). CV. Sarnu Untung. https://www.scribd.com/document/739237770/Buku-Sepak-Bola-Egrang-Finish-7-Desember-2017-n-Cover-1
Saputra, W. M., Nurhasanah, N., Rachmayani, I., & Astini, B. N. (2023). Pengembangan Permainan Tradisional Boy-Boyan Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Kelompok B di TK Rinjani Unram Tahun 2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2078–2092. https://doi.org/ 10.29303/jipp.v8i4.1693
Sekarningrum, H. R. V., Nugrahanta, G. A., & Kurniastuti, I. (2021). Pengembangan Modul Permainan Tradisional Untuk Karakter Kontrol Diri Anak Usia 6-8 Tahun. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(2), 207–218. https://doi.org/10.31316/ esjurnal.v8i2.1158
Supriyanto, S. (2021). Pengembangan Media Permainan Tradisional Dakon Berbasis Teori Bruner. Joyful Learning Journal, 10(2), 61–65. https://doi.org/10.15294/jlj.v10i2.51266
Tanggur, F., Nahak, L., Bulu, V., & Lawa, S. (2021). Pelestarian Permainan Tradisional Di Tengah Pembelajaran Online. Pengabdian Masyarakat Ilmu Pendidikan, 1(1), 23–27.
Winata, T. P., Wulan, D. O., & Farhaturrahmah, T. A. (2023). Kebijakan Pariwisata Pascapandemi: Analisis Penerapan Agile Governance dalam Mengembangkan Komunitas Wisata Candi Borobudur. POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 3(2), 90–105. https://doi.org/10.22225/politicos. 3.2.2023.90-105
Wismawati, A. F., Kamila, A. D., Febrianti, P. A., & Riska Fitriyah. (2023). Transformasi Budaya Permainan Tradisional Ke Game Online Pada Remaja Di Desa Wonosari Kabupaten Jember. Jurnal Sosial Terapan, 1(1), 46–51. https://doi.org/10.29244/jstr.1.1.46-51
Yono, T. (2020). Traditional Sport: Student’s Perception on the Importance to Continue It. 23(UnICoSS 2019), 77–78. https://doi.org/10.2991/ahsr.k. 200305.024
Yuningsih, T. I., & Agustin, M. (2024). Permainan Tradisional untuk Mendukung Profil Pelajar Pancasila Fase Fondasi. 7(1). https://doi.org/10.31004/aulad. v7i1.606
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i3.20698
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.