Analisis kebutuhan pengembangan multimedia intraktif aktivitas kebugaran jasmani siswa sekolah menengah pertama
Abstract
Di era digital yang terus berkembang, pemanfaatan multimedia dan teknologi pendidikan menjadi hal yang penting dalam pembelajaran, termasuk dalam pendidikan jasmani. Penelitian ini menyoroti bahwa pendidikan jasmani di Indonesia saat ini sedang menghadapi situasi darurat akibat kurang efisiennya pembelajaran terkait pemanfaatan teknologi. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan platform multimedia interaktif berbasis gamifikasi pada platform Nearpod untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi individu dalam aktivitas kebugaran jasmani. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei pada model ASSURE tahap pertama yaitu Analyze Learner, diikuti secara sistematis. Subyek penelitian ini berjumlah 59 responden yang terbagi atas 29 guru dan 30 siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah analisis pembelajaran atau kebutuhan guru dan siswa terhadap pengembangan media interaktif kegiatan kebugaran jasmani berbasis Nearpod. Dalam penelitian ini metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah studi pendahuluan dan tinjauan pustaka. Instrumen yang digunakan adalah angket. Hasil studi pendahuluan penggunaan media website oleh guru menunjukkan bahwa 39% masuk dalam kategori rendah dalam penggunaan website, sedangkan analisis karakteristik siswa menunjukkan skor 0,66 yang menunjukkan bahwa penggunaan media interaktif masih terbatas. kurang, dan 0,65, menunjukkan bahwa siswa memerlukan suasana baru. Bahwa pembelajaran pendidikan jasmani memebutuhkan media interaktif untuk meningkat penggunaan website pembelajaran di era perkembangan teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, M. F., & Prihanto, J. B. (2016). Perbandingan Tingkat Kebugaran Jasmani antara Siswa yang mengikuti Ekstrakurikuler Futsal di SMAN 1 Taman Sidoarjo dengan SMA Khadijah. Pendidikan Jasmani, 4(3), 617-622. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/19704
Arifin, S. (2017). Peran Guru Pendidikan Jasmani dalam Pembentukan Pendidikan Karakter Peserta Didik. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, 16(1). 78-92. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3666
Aspi, M., & Syahrani, S. (2022). Profesional Guru dalam Menghadapi Tantangan Perkembangan Teknologi Pendidikan. ADIBA: Journal of Education, 2(1), 64–73. https://adisampublisher.org/index.php/adiba/article/view/57
Biassari, I., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan di Sekolah Dasar. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran), 4, 62–74. Retrieved from https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1403
Bunayar. (2016). Pendidikan Jasmani dan Olahraga: Dalam Hadis-Hadis tentang olahraga. DIMAR: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 252-275. https://doi.org/10.58577/dimar.v3i2.59
Bunyamin, A. C., Juita, D. R., & Syalsiah, N. (2020). Penggunaan Kahoot sebagai Media Pembelajaran Berbasis Permaianan Sebagai Bentuk Variasi Pembelajaran. Gunahumas, 3(1), 43-50. https://doi.org/10.17509/ghm.v3i1.28388
Hafridarli, H. (2019). Penerapan Bermain Tembak Ikan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan, 2(2), 45-52. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i2.5123
Himmah, I. F., & Yaqin, Z. N. (2023). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Media Nearpod di MI Tholabiyah Madiun. TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam, 7(2),171-182. https://doi.org/10.69552/tarbiyatuna.v7i2.1808
Inanta, R., Zulhaji, & Indrayani. (2022). Peningkatan Hasil Belajar IPS melalui Media Nearpod pada Peserta Didik SMPK Penabur Kelapa Gading Jakarta. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(1), 418-424. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/241
Kuswanto, J. (2019). Perancangan Media Pembelajaran Model Game Mata Pelajaran Penjaskes Kelas V. Jurnal SITECH : Sistem Informasi dan Teknologi, 2(1), 103-108. https://doi.org/10.24176/sitech.v2i1.3315
Pramesti, A. D., Masfuah, S., & Ardianti, S. D. (2023). Media Interaktif Nearpod Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 379-385. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4578
Qasash, M., Syafruddin, M. A., Hamzah, A., Aksir, M. I., & Bachtiar, I. (2023). Pembelajaran Pendidikan Jasmani melalui Teori Koginitf. Jurnal Ilmiah STOK Bina Guna Medan, 11(1), 22-28. https://doi.org/10.55081/jsbg.v11i1.80
Rachmawati, D. W. (2018). Manajemen Pengelolaan Kinerja Keuangan Koperasi Sekolah SMK Swakarya Palembang. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi, 5(2), 111-118. https://doi.org/10.36706/jp.v5i2.6600
Rahmanto, Y., & Utama, R. Y. (2018). Penerapan Teknologi Web3D Berbasis Android sebagai Media Pembelajaran Gerakan Dasar Silat. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 9(1), 7-14. https://jurnal.ftikomibn.ac.id/index.php/JurnalTam/article/view/593
Rohayati, Y., Astra, I. K. B., & Suwiwa, I. G. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game Edukasi Materi Kesehatan pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Rekreasi. Jurnal IKA, 16(1), 33-43. https://doi.org/10.23887/ika.v16i1.19824
Sagara, A. F., Sugiarti, L., Saputri, D. D. & Kusumayati, T. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Media Pembelajaran Berbasis Digital Web Nearpod. Jurnal Bionatural, 10(2), 73-81. https://doi.org/10.61290/bio.v10i2.663
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 1 s.d. 28). Alfabeta.
Sulistiowati, E., Suhdy, M., & Supriyadi, M. (2023). Penembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point dalam Teknik Pembelajaran Passing Bawah pada Materi Bola Voli SMP Negeri 2 Lubuklinggau. e-SPORT: Jurnal Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 4(2), 39-51. https://doi.org/10.31539/e-sport.v4i1.7637
Syafruddin, A. (2023). Peran Teknologi Pendidikan Terhadap Perubahan Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Jurnal Teknologi Pendidikan, 3(2), 36-44. https://doi.org/10.37304/jtekpend.v3i2.9961
Syahrizaldy, A., Subandowo, M., & Karyono, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Blended Learning Melalui Website Canva Mata Pelajaran Penjaskesorkes. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 41-50. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.5647
Syofyan, R., & Husni, M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Nearpod untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Ecogen, 6(3), 422-433. http://dx.doi.org/10.24036/jmpe.v6i3.15297
Santoso, W. B. & Hariyadi, K. (2020). Pengembangan Media Gawang Ayun Badaspa dalam Pembelajaran Sepakbola Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah (MI) Sugihan. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani dan Olah Raga), 5(1), 57-65. https://doi.org/10.36526/kejaora.v5i1.765
Wahyudi, W., Dwi Avita Nurhidayah, Sumaji, & Dita Febriyanti. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Nearpod Sebagai Inovasi Pembelajaran di Sekolah MI Muhammadiyah Ponorogo. Mafaza : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 160-171. https://doi.org/10.32665/mafaza.v2i2.1148
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20875
Article Metrics
Abstract view : 40 timesPDF - 8 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.