Gaya Mengajar Practice Style Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai

Siti Hajar Nurhasanah, Sunarno Basuki, Herita Warni

Abstract


Gaya mengajar practice style dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) merupakan pendekatan pembelajaran yang menitikberatkan pada praktik langsung, di mana siswa secara aktif terlibat dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program mereka sendiri. Penerapan gaya mengajar practice style memberikan dampak positif yang signifikan terhadap hasil belajar senam lantai. Siswa yang diajar dengan metode ini cenderung lebih termotivasi, aktif, dan bertanggung jawab dalam mencapai tujuan pembelajaran. Selain itu, practice style juga berhasil meningkatkan keterampilan motorik siswa, seperti kekuatan, fleksibilitas, dan koordinasi, serta menumbuhkan kebiasaan hidup sehat. Siswa yang diajar dengan metode ini cenderung memiliki penguasaan gerakan yang lebih baik, peningkatan kekuatan otot, dan fleksibilitas yang lebih baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa practice style dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran senam lantai dan mendorong siswa untuk lebih aktif terlibat dalam aktivitas fisik. Gaya mengajar practice style dalam pembelajaran senam lantai untuk mencapai hasil belajar yang optimal dan membentuk karakter siswa yang aktif dan sehat.

Kata kunci: Practice Style; Hasil Belajar; Senam Lantai;


Full Text:

PDF

References


Anwar Muhammad Mahdi. (2019). Analisis Hasil Pembelajaran Senam Lantai Guling Depan dan Guling Belakang Melalui Permainan dan Media Audiovisual pada Peserta Didik Mata Pelajaran Penjaskes Materi Kelas 7 di SMPN 17 Banjarmasin Tahun 2018/2019.

Barlian, U. C., Yuni, A. S., Ramadhanty, R. R., & Suhaeni, Y. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi dalam kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(8), 815–822. https://doi.org/10.55681/armada.v1i8.742

Cholilah, M., Tatuwo, A. G. P., & ... (2023). Pengembangan kurikulum merdeka dalam satuan pendidikan serta implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran abad 21. Sanskara …. https://sj.eastasouth-institute.com/index.php/spp/article/view/110

Efendi, E. 2023, Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P., Kunci, K., Mengajar Inklusi, G., & Bawah Voli, P. (2023). Meningkatkan Hasil Passing Bawah Bola Voli Melalui Gaya Mengajar Inklusi. Journal Of Social Science Research2, 3, 1403–1411.

Handoyo, H., Rusmiati, P., Apri Satriawan Chan Pendidikan Olahraga, A., & Kusuma Negara, S. (2021). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan STKIP Kusuma Negara II Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teknik Dasar Lay-Up Shoot Bola Basket melalui Penerapan Gaya Mengajar Latihan (Practice Style).

Hasmarita. (2020). Pengaruh gaya mengajar dan kemampuan motorik terhadap hasil belajar forehand drive tenis meja The effect of teaching style and motor ability on learning outcomes of Table tennis forehand drive. In Journal of Physical and Outdoor Education (Vol. 2, Issue 2).

Heri, L., Rusilowati, A., & Joko Raharjo, T. (2017). Pengembangan Instrumen Penilaian Psikomotor Senam Lantai dalam Pembelajaran Penjasorkes pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Educational Research and Evaluation Sejarah Artikel, 6(1). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jere

Ilmiah, J., Bina Guna Medan, S., & Medan, ; Jurnal Ilmiah Stok Bina Guna. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Meroda dalam Pembelajaran Senam Lantai melalui Gaya Mengajar Komando pada Siswa Kelas XI SMA GKPS 1 Pematang Raya Kabupaten Simalungu. In Maret (Vol. 6, Issue 1).

Latif Muhammad. (2019). Analisis Upaya Peningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Belakang Melalui Permainan Peserta Didik Kelas X SMK PGRI 1 Martapura.

Miftachul A’la. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Pembelajaran Senam Materi Loncat dengan Modifikasi Alat pada Siswa Kelas Atas di SD Islamadina Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Ajaran 2022/2023.

Muhammad Azhar. (2022). Pengaruh Penerapan Gaya Mengajar Latihan Pada Peningkatan Gerak Dasar Passing Bawah Dalam Permainan Bola Voli.

Mustafa, P. S. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. Jurnal Pendidikan : Riset Dan Konseptual, 4(3), 437. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.248

Muthmainnah, S. N., & Marsigit, M. (2018). Gaya mengajar guru pemula dan guru profesional dalam pembelajaran matematika sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan …. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/view/896

Nuryanto, A. (2019). Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Senam Lantai Loncat Kangkang pada Siswa Kelas X MA Negeri 2 Karawang. In P a g e | 1 JSPEED (Vol. 2).

Olan Sulistia. (2023). Kebijakan Transformasi Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Olan Sulistia.

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Purnawan Adi. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok Menggunakan Permainan Bola Gabtung Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kalisapu 02 Kecamatan Slawi Kabupaten Tegal.

Rithaudin, A. (2019). Analisis pembelajaran aspek kognitif materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan SMA/SMK. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 33–38.

Rohman, A. F., Muharram, N. A., & ... (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bolavoli dengan Menggunakan Gaya Mengajar Inklusi pada Siswa Kelas V MI Darul Huda Tahun Ajaran 2022 …. … KRIDATAMA SAINS DAN …. http://jurnal.umnu.ac.id/index.php/kst/article/view/613

Setya, P., Olahraga, M. P., & Keolahragaan, I. (2020). Kontribusi Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia dalam Membentuk Keterampilan Era Abad 21. 4(3). https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v4i3.2

Suciyati. (2021). Media Pembelajaran Digital Sebagai Sarana Belajar Mandiri di Masa Pandemi dalam Mata Pelajar Sejarah. In Jurnal Sandhyakala (Vol. 2, Issue 2).

Susetya Pambudi, F., Budi Prakoso, B., Qoriawan, Y., Profesi Guru Pa-Jabatan, P., Pendidikan dan Sertifikasi Profesi, L., Studi Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, P., & Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan, F. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Menggunakan Pola Gerak Dominan Siswa Sekolah Dasar. 11, 204–213. https://doi.org/10.32682/bravos.v11i2/2977

Syarif Muhammad. (2019). Analisis UpayaPeningkatan Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan Melalui Pendekatan Bermain Peserta Didik Kelas IV SDN 5 Loktabat Utara Banjarbaru.

Tisen, Mulyana, & Mustafa. (2018). Efektivitas Gaya Mengajar Latihan dan Resiprokal Terhadap Hasil Belajar Servis Atas Bola Voli pada Siswa di SMP Negeri 97 Jakarta. http://doi.org/http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpja|23

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/8309

Widya, S., Hendry, F., Yudho, P., Fauziah, S., Yuliandra, R., Nasution, N. S., & Aryanti, N. E. (2022). Pengaruh Gaya Mengajar Student Team Achievement Division dan Self Directed Learning Terhadap Capaian Belajar Materi Roll Depan (Vol. 38, Issue 2). DESEMBER.

Yunus. (2021). Pengaruh Gaya Mengajar Latihan Terhadap Penguasaan Gerak Dasar Pasing Bawah Pada Permainan Bola Voli.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20890

Article Metrics

Abstract view : 23 times
PDF - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats