Perilaku Bullying Siswa Muhammadiyah 1 Banjarbaru Dalam Mata Pelajaran PJOK
Abstract
Bullying bagaikan racun yang merusak masa depan generasi muda dengan kasus di Indonesia meningkat dari tahun 2020 hingga 2023. Penelitin ini bertujuan untuk mengetahui perilaku bullying siswa dalam mata pelajaran PJOK di SMP Muhammadiyah 1 Banjarbaru. Metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan 58 siswa kelas VIII sebagai sampel penelitian yang akan diobservasi melalui instrumen berdasarkan olweus bullying/victim questionaire (OBVQ) untuk mendapatkan sebuah data bullying dalam pembelajaran PJOK. OBVQ mengukur tiga dimensi bullying dengan 23 pernyataan item observasi. Analisis data meluputi reduksi data, penyadian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan intimidasi verbal, seperti jangkauan dan makian, paling umum terjadi namun jarang frekuensinya, sedangkan intimidasi fisik lebih jarang, dibatasi norma sosial. Penindasan non-verbal, seperti ancaman, juga terjadi sesekali. Bullying lebih sering muncul dalam aktivitas aktif seperti PJOK. Penelitian menekankan perlunya pendekatan pencegahan berbasis nilai untuk lingkungan aman, serta perlunya objek pengamatan yang lebih luas untuk lebih menguatakan perilaku bullying yang terjadi pada mata Pelajaran PJOK.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649-658. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Andrews, N. C. Z., Cillessen, A. H. N., Craig, W., Dane, A. V., & Volk, A. A. (2023). Bullying and the Abuse of Power. International Journal of Bullying Prevention, 5(3), 261–270. https://doi.org/10.1007/s42380-023-00170-0
Gaete, J., Valenzuela, D., Godoy, M. I., Rojas-barahona, C. A., Salmivalli, C., & Araya, R. (2021). Validation of the Revised Olweus Bully / Victim Questionnaire ( OBVQ-R ) among Adolescents in Chile. Frontier: Journals Psychology, 12(April), 1–17. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.578661
Gonçalves, F. G., Heldt, E., Peixoto, B. N., Rodrigues, G. A., Filipetto, M., & Guimarães, L. S. P. (2016). Construct Validity and Reliability of Olweus Bully/Victim Questionnaire - Brazilian Version. Psicologia: Reflexao e Critica, 29(1). https://doi.org/10.1186/s41155-016-0019-7
Herman, Fikri, M., & Purwaty. (2023). Exploration of Mental Health in Children Victims of Bullying. Journal of Health and Nutrition Research, 2(1), 21–26. https://doi.org/10.56303/jhnresearch.v2i1.89
Karisma, N., Rofiah, A., Afifah, S. N., & Manik, Y. M. (2024). Kesehatan Mental Remaja dan Tren Bunuh Diri: Peran Masyarakat Mengatasi Kasus Bullying di Indonesia. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 560–567. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3439
Kristama, A. (2022). Faktor-faktor Penyebab Perilaku Bullying Peserta Didik dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Muhammadiyah 24 Pataan. Skripsi. STKIP PGRI Jombang
Marhaely, S., Purwanto, A., Aini, R. N., Asyanti, S. D., Sarjan, W., & Paramita, P. (2024). Literatur Review: Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying untuk Sekolah. Jurnal Kesehatan Tambusai, 5(1), 826–834. https://doi.org/10.31004/jkt.v5i1.25398
Marracho, P., Coelho, E. M. R. T. C., Nery, M. V. G., & Pereira, A. M. A. (2021). Omportamentos De Bullying Em Jovens Praticantes De Desporto Bullying Behaviours In Young Athletes. Retos, 42, 861–871. https://doi.org/10.47197/retos.v42i0.87189
Mu’awanah, R., & Ashari, M. Y. (2024). Evaluasi BNSP dalam Penanganan Kasus Bullying di Sekolah. Islamic Learning Journal, 2(2), 423-455. https://doi.org/10.54437/iljjislamiclearningjournal.v2i2.1525
Ni’mah, Z. (2024). Habituasi Toleransi sebagai Upaya Menguatkan Pendidikan Anti Bullying di Sekolah. Peradaban Journal of Interdisciplinary Educational Research, 2(1), 22–39. https://doi.org/https://doi.org/10.59001/pjier.v2i1.143
Permenristekdikti Republik Indonesia. (2021). Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, aan Teknologi Republik Indonesia. Jakarta.
Prastiti, J. P., & Anshori, I. (2023). Efek Sosial dan Psikologis Perilaku Bullying terhadap Korban. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 7(1), 69–77. https://doi.org/10.22437/jssh.v7i1.23163
Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Jakarta.
Sari, Y. P., & Azwar, W. (2017). Fenomena bullying siswa: Studi tentang motif perilaku bullying siswa di SMP Negeri 01 Painan, Sumatera Barat. Ijtimaiyya: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 10(2), 333-367 http://dx.doi.org/10.24042/ijpmi.v10i2.2366
Setiani, A. P., Hidayah, L. N., Insan, U., & Utomo, B. (2024). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Psikologis Siswa. Liberosis: Jurnal Psikologi dan Bimbingan Konseling, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.3287/ljpbk.v1i1.325
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. ALFABETA.
Suhariyanti, M. (2017). Identifikasi Perilaku Bullying Dalam Pendidikan Jasmani di Sekolah. PGSD Penjaskes, 6(8), 3-11.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. DPR RI
Vveinhardt, J., & Fominiene, V. B. (2020). Bullying Trends Inside Sport: When Organized Sport Does Not Attract but Intimidates. Frontiers in Psychology, 11(December), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2020.02037
Wahyuningsih, S., Supriyatno, Tafiati, H., Syaifuddin, M. A., Sukesi, D. A., Sumarsono, Rahma, A. N., & Arlym, R. U. (2021). Stop Perundungan/Bullying Yuk. In Direktorat Sekolah Dasar.
Wang, Y. J., & Chen, I. H. (2023). A Multilevel Analysis of Factors Influencing School Bullying in 15-Year-Old Students. Children, 10(4), 1–23. https://doi.org/10.3390/children10040653
Widyastuti, W., & Soesanto, E. (2023). Analisis Kasus Bullying Pada Anak. Capitalis: Journal of Social Sciences, 1(1), 142–154.
Wulandari, H., & Afifah, J. N. (2023). Bullying Hingga Kekerasan, Masa Depan Anak Usia Dini Mulai Terancam. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 325–336. https://doi.org/10.5281/zenodo.8242146
Wulandari, R., & Putri, D. Y. (2023). Literature Review of Bullying Assessment : a Critical Review of the Inventory of Bullying Scale in Schools. Sosioedukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 12(2), 213–219. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v12i2.3044
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.20919
Article Metrics
Abstract view : 2 timesPDF - 1 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.