Korelasi Permainan tradisional "Bentengan" dengan Pelajaran Penjas Materi Lari Jarak pendek: Literatur Review
Abstract
Pendidikan jasmani merupakan pendidikan yang dapat dilibatkan dengan unsur jasmani, dan memiliki tujuan untuk menumbuh kembangkan segala aspek yang terdapat dalam diri siswa, seperti aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Penjas lebih banyak menggunakan media gerak untuk melaksanakan proses pembelajaran, salah satu alternatif materi yang dapat diberikan seperti permainan tradisional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana pendidikan jasmani memiliki keterkaitan dengan budaya permainan tradisional melalui tinjauan dan hasi dari beberapa penelitian sebelumnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni Metode Systematic Review (SLR). Metode SLR digunakan untuk mengidentifikasi, mengkaji, dan mngevaluasi seluruh penelitian yang tersedia dengan bidang topik fenomena yang menarik dengan pertanyaan penelitian yang relevan. Dengan menggunakan metode SLR dapat dilakukan review dan identifikasi jurnal secara sustematis. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dan elakukan rievew artikel-artikel mengenai permainan tradisional pada materi lari jarak pendek. Penelitian ini digunakan beberapa artikel jurnal atau proseding yag diperoleh melaui google scholar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permainan tradisional bentengan bisa dikorelasikan dengan materi lari jarak pendek.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, L. T., & Haris, I. N. (2018). Pengaruh Penerapan Permainan Tradisional Terhadap Kebugaran Jasmani Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ciasem Kabupaten Subang (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Ciasem). Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(01), 1–7. http://ejournal.unsub.ac.id/index.php/FKIP/article/view/222
Karyatna, N. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Lari 60 Meter Melalui Permainan Tradisional Pada Siswa Kelas V SDN 6 Rancah. J-KIP: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 21-26. http://dx.doi.org/10.25157/j-kip.v1i1.9333
Kusnandar, K., Purnamasari, D. U., Nurcahyo, P. J., & Darjito, E. (2019). Pengaruh Permainan Tradisional Banyumas Gol-Golan Terhadap Tingkat Kebugaran Jasmani Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Banyumas. Physical Activity Journal, 1(1), 18-26. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1996
Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438. https://doi.org/10.36765/jartika.v3i2.268
Prayitno, B. A., Syafrial, S., & Arwin, A. (2019). Meningkatkan Pembelajaran Lari Jarak 60 Meter dengan Media yang Dimodifikasi Siswa Kelas Xi Ips 1 T.A 2018/2019 Sma Negeri 7 Kota Bengkulu. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 3(1), 34–41. https://doi.org/10.33369/jk.v3i1.8809
Riyoko, E. (2019). Pengaruh Permainan Sepakbola Terhadap Peningkatan Kebugaran Jasmani. Jurnal Olympia, 1(1), 29–35. https://doi.org/10.33557/jurnalolympia.v1i1.294
Susiyamni. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Lari jarak Pendek 60Meter Melalui permainan Hitam-Hijau Pada Siswa Kelas V SD Negeri 17 Makarti Jaya kabupaten Banyuasin. Prosiding Seminar Nasional Olahraga Universitas PGRI Palembang, 2(1), 301-311. https://semnas.univpgri-palembang.ac.id/index.php/semolga/article/view/115
Syauki, A. Y. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Bebentengan terhadap Pembelajaran Atletik Sprint. Tulisan Ilmiah Pendidikan, 10(1), 6-12, https://doi.org/10.54438/tulip.v10i1.179
Taftazani, H. S., & Fauziah, N. (2019). Memahami Kesejahteraan Subjektif pada Atlet Atletik Nomor Lari 10.000 Meter PON Jateng. Jurnal EMPATI, 8(1), 61-67. https://doi.org/10.14710/empati.2019.23575
Wijaya, M. A. (2009). Peningkatan Kebugaran Jasmani dengan Permainan Belka dan Permainan Tradisional Bali (Studi Eksperimen Pada Siswa Putera Kelas V SD LAB. UNDIKSHA). Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 42(3). 206-211 https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v42i3%20Okt.1752
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v23i4.21158
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.