MODEL SEKOLAH BERWAWASAN KEBUGARAN JASMANI

Mashud Mashud

Abstract


Model Sekolah Berwawasan Kebugaran Jasmani. Tulisan ini  bertujuan memberikan gambaran kepada pembaca tentang sekolah berwawasan kebugaran jasmani. Fakta menyajikan bahwa betapa pentingnya arti kebugaran jasmani pada setiap individu dalam   menjalankan   aktivitas/rutinitas  sehari-hari.   Guru   yg   tugasnya   merancang pembelajaran,    memberikan    pembelajaran,    mengevaluasi    dan    merefleksi    hasil pembelajaran serta tugas sebagai kepala dan ibu rumah tangga yang harus mengurus keluarganya.  Siswa  bertugas  untuk  menerima  pembelajaran,  mengerjalan  tugas  dan mengulang pembelajaran saat di rumah dan tak lupa membantu orang tua. Karyawan sekolah bertugas untuk bekerja  sesuai  dengan TUPOKSI masing-masing. Perbedaan karakteristik tugas dari masing-masing provesi di atas tentunya membutuhkan suatu daya tahan  dari  tubuh  agar  mampu  menyelesaikan tugas  dengan  baik  dan  masih  masih menjalankan tugas-tugas tambahan yang terkait dengan beberapa keperluan tambahannya. Daya tahan inilah yang lebih dikenal dengan kebugaran jasmani. Tatkala setiap individu telah memiliki keadaan bugar jasmani niscaya beban dan tugas pekerjaan sehari-hari akan dirasa tidak memberatkan dan bekerja menjadi lebih menyenangkan.

Untuk itu, dalam mewujudkan keadaan invidu yang bugar tersebut diperlukan pedoman dan  petunjuk dalam melatihnya. Tulisan ini  akan  memberikan gambaran tentang hal tersebut terutama terkait dengan kebugaran jasmani di sekolah.

 

Kata Kunci: Model Sekolah, Kebugaran Jasmani


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v15i1.2485

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v15i1.2485.g2185

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF - 405 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats