EVALUASI PROGRAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI KABUPATEN SOLOK (TAHUN 2016)
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengevaluasi pembelajaran pendidikan jasmani disekolah menengah pertama negeri kabupaten solok tahun 2016.
Dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode CIPP menggunakan pendekatan kualitatif. Daniel Stufflebeam’s mengatakan bahwa CIPP terdiri dari empat tahapan, yaitu : Context, Input, Prosess, dan Product. Data diperoleh melalui
observasi, angket, wawancara dan studi dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik
analisis statistik deskriptif dengan persentase
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa keseluruhan variabel SMP Negeri 1
Kubung berkriteria baik, SMP Negeri 2 Gunung Talang berkriteria baik, SMP Negeri 1
Bukit Sundi berkriteria baik, SMP Negeri 2 Lembang Jaya berkriteria baik , dan SMP Negeri 1 Junjung Sirih bekrteria baik.
Berdasarkan hasil data tersebut, maka dapat diputuskan bahwa secara keseluruhan pembelajaran pendidikan di SMP Negeri Kabupaten Solok berkriteria baik. Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian ini adalah melanjutkan program pembelajaran, akan tetapi masih ada yang perlu dibenahi pada beberapa variabel disertai dengan revisi pada beberapa variabel.
Kata kunci: Evaluasi Pembelajaran, pembelajaran pendidikan jasmani, SMP
Full Text:
PDFReferences
A.Wuest, Deborah dan Jennifer L. Fisette, Foundations Of Physical Education, Exercise Science, and Sport. United State Of America, McGraw
Hill Education, 2012.
Arikunto, Suharsimi Dan Cepi Safarudin Abdul Jabar. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi aksara,
Arsil
Jasmani dan olahraga. Padang: UNP Press, 2014.
Brinkerhoff , Robert O. et al., Program Evaluation A Practitioner’s Guide For Trainer And Educator. Hingham: Kluwer Nijhoff, 1985.
Freeman, William H. Physical Education and Sport in a Changing Society. USA : Aliyn & Bacon, 2001.
Hadari, Nawawi. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2001.
Hosnan, Muhammad. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Kurikulum. Bogor: Ghalia Indonesia, 2014.
Husdarta, JS. dan Yudha M. Saputra.
Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo, 2013.
Kirk, David. Physical Education
Future.USA, Roudlege, 2010. Rosdiani, Dini. Perencanaan
Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta, 2013.
Stufflebeam, Daniel and Chris L.S. Coryn.
Evaluation, Theory, Model and
Application. San Fransisco : Jossey
Bass, 2014.
Sudjana, Djudju. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah.Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2008.
Sukardi. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi
Aksara, 2012.
Sukardi.Evaluasi Program Pendidikan Dan Kepelatihan. Jakarta : Bumi Aksara, 2014.
Tangkudung, James. Pembinanaan Prestasi Olahraga. Jakarta: Cerdas Jaya, 2006
Thobroni. Belajar dan Pembelajaran.
Yogyakarta: Ar- Ruzz Media, 2015
Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah RI Tentang Pendidikan, h. 3
Widiastuti. Belajar Gerak Keterampilan.
Jakarta: FIK Universitas Negeri
Jakarta, 2013.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v16i1.3662
Article Metrics
Abstract view : 1089 timesPDF - 1658 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.