JENIS PENGUASAAN SHOOTING YANG BANYAK MENCIPTAKAN POIN PADA PEMAIN BOLA BASKET PUTRA SMA KRISTEN KANAAN BANJARMASIN

Ari Tri Fitrianto

Abstract


.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis penguasaan shooting yang banyak menciptakan poin: jump shoot, lay up, reverse lay up, runner (extending lay up), power move, one hand set shoot, hook shoot, free throw shoot, three point shoot.

Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data instrumen kunci utama dari penelitian ini dengan sumber data utama merupakan kata-kata dan tindakan sehingga pengamatan, wawancara dan catatan lapangan merupakan teknik pengumpulan data dan penggunaan dokumen sebagai data pendukung. Metode dokumen ini terutama digunakan untuk menggali data dari sumber tertulis, video ataupun catatan lapangan.

Subyek pada penelitian ini adalah seluruh pemain bola basket peserta didik SMA Kristen Kanaan Banjarmasin yang mengikuti kejuaraan bola basket hari ulang tahun SMAN 7 Banjarmasin sebanyak 12 orang.

Hasil penelitian pada kejuaraan SMAVEN Basketball Competition ini berdasarkan hasil pengamatan dan analisis peniliti dengan fokus jenis shooting pemain bola basket SMA Kristen Kanaan, dari sembilan jenis shooting lay up adalah yang paling dikuasai para pemain bola basket SMA Kristen Kanaan dan yang paling tidak dikuasai adalah three point shoot. Ini dikarenakan tidak pernah dilatih secara khusus setiap jenis shooting.

 

Kata kunci: Bola basket, jenis Shooting, Poin, SMA Kristen Kanaan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v14i2.4228

Article Metrics

Abstract view : 22 times
PDF - 1664 times

Copyright (c) 2017 Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga



Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats