PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN

Arifto Juniardi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot pada permainan bola basket melalui pendekatan bermain. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII.B SMP Marie Joseph yang berjumlah 23 orang siswa. Model tindakan dalam penelitian ini menggunakan model tindakan Kemmis dan Taggart yang meliputi tahapan-tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.         Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes awal lay up shoot diperoleh 30.44% dari kriteria yang diharapkan. Pada siklus I terdiri dari empat pertemuan hasil tes lay up shoot diperoleh 60.86% dari kriteria yang diharapkan. Pada siklus II yang terdiri dari empat pertemuan hasil tes lay up shoot diperoleh 86.95% dari kriteria yang diharapkan. Artinya mengalami peningkatan sejumlah 56.51%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) melalui pendekatan bermain siswa dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot. (2) melalui pendekatan bermain siswa lebih antusias serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.

 

Kata Kunci: Pendekatan Bermain, Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot, Penelitian Tindakan.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v17i1.5010

Article Metrics

Abstract view : 768 times
PDF - 8694 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats