PENINGKATAN HASIL BELAJAR LAY UP SHOOT BOLA BASKET MELALUI PENDEKATAN BERMAIN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar lay up shoot pada permainan bola basket melalui pendekatan bermain. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VII.B SMP Marie Joseph yang berjumlah 23 orang siswa. Model tindakan dalam penelitian ini menggunakan model tindakan Kemmis dan Taggart yang meliputi tahapan-tahapan (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil tes awal lay up shoot diperoleh 30.44% dari kriteria yang diharapkan. Pada siklus I terdiri dari empat pertemuan hasil tes lay up shoot diperoleh 60.86% dari kriteria yang diharapkan. Pada siklus II yang terdiri dari empat pertemuan hasil tes lay up shoot diperoleh 86.95% dari kriteria yang diharapkan. Artinya mengalami peningkatan sejumlah 56.51%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) melalui pendekatan bermain siswa dapat meningkatkan hasil belajar lay up shoot. (2) melalui pendekatan bermain siswa lebih antusias serta aktif dalam mengikuti proses pembelajaran.
Kata Kunci: Pendekatan Bermain, Peningkatan Hasil Belajar Lay Up Shoot, Penelitian Tindakan.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v17i1.5010
Article Metrics
Abstract view : 768 timesPDF - 8694 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.