PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN

Akhmad Amirudin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa SMP Negeri 1 Martapura Kalimantan Selatan. Melalui pendekatan bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sebanyak dua siklus dengan rancangan kegiatan perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Martapura kelas VIII H, sebanyak 30 siswa. Sumber data diperoleh melalui tes awal  dan tes akhir lompat jauh gaya jongkok. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dari tes awal hingga tes akhir. Hasil tes awal menunjukan  nilai terendah yaitu 50 dan nilai tertinggi 80. Kemudian hasil tes akhir Pada siklus satu yaitu nilai terendah 55 dan nilai tertinggi 81 dan masih 60%. Pembelajaran akan semakin berubah atau meningkat  pada siklus dua yaitu dengan nilai terendah  60 dan tertinggi 89, dengan persentase 87%, dan sudah memenuhi kriteria pencapaian dalam penelitian tindakan yaitu 80%. Simpulan dari penelitian ini adalah melalui pendekatan bermain berpengaruh positif dalam meningkatkan hasil belajar siswa, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan.

 

Kata Kunci: Pendekatan Bermain, Lompat Jauh Gaya Jongkok.

 


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5711

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 199 times

Copyright (c) 2018 Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga



Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats