PENERAPAN METODE PERMAINAN MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DRIBBLING SEPAKBOLA

Oddie Barnanda Rizky, Samsudin Samsudin, Nofi Marlina Siregar

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dribbling sepakbola pada SSB Indonesia Muda under 13 tahun Kota Bengkulu melalui penerapan metode permainan modifikasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan desain Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah pemain SSB Indonesia Muda under 13 tahun Kota Bengkulu yang berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan instrumen penilaian tes keterampilan dribbling sepakbola, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dimulai dari tes awal keterampilan dribbling sepakbola, adapun hasil dari tes awal ini adalah dari 24 pemain hanya sebanyak 6 pemain (25%) yang sudah efektif keterampilan dribbling sepakbolanya dan hasil tersebut masih jauh dari persentase kriteria keberhasilan latihan yang telah ditentukan, yaitu sebesar 80%.  Pada siklus I dilaksanakan tindakan sebanyak 8 kali pertemuan dan hasilnya adalah dari 24 pemain, ada sebanyak 17 pemain (71%) yang sudah efektif keterampilan dribbling sepakbolanya, jika dibandingkan dengan persentase kriteria keberhasilan latihan maka latihan yang dilaksanakan pada siklus I ini belum berhasil. Penelitian dilanjutkan ke siklus II dengan penambahan model tindakan berupa metode permainan modifikasi. Pada siklus II hanya dilaksanakan tindakan sebanyak 5 kali pertemuan dikarenakan sudah menunjukkan peningkatan yang signifikan, yaitu dari 24 pemain, ada sebanyak 21 pemain (87,5%) yang sudah efektif keterampilan dribbling sepakbolanya, dengan kata lain penelitian ini tidak perlu lagi dilanjutkan karena sudah mencapai persentase kriteria keberhasilan latihan yang telah ditentukan, yaitu sebesar 80%. Berdasarkan hasil peningkatan tersebut, penerapan metode permainan modifikasi ternyata efektif dalam proses meningkatkan keterampilan dribbling sepakbola, pemain terlihat merasa senang, gembira, bersemangat dan aktif dalam mengikuti latihan.

 

Kata Kunci: Metode Permainan Modifikasi, Meningkatkan Keterampilan Dribbling Sepakbola.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Edwards, William H. Motor Learning and Control, From Theory To Practice. California State University, Sacramento: Wadsworth, 2011.

Gordon, Dan. Coaching Science. England: Brithis Library Cataloguing in Publication Data, 2009.

Madya, Suwarsih. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan (Action Research). Bandung: CV. Alfabeta, 2011.

Mielke, Danny. Dasar-Dasar Sepakbola. Bandung: Pakar Raya, 2007.

Nutbrown, Cathy. Key Concepts in Early Childhood Education & Care. London: SAGE Publications, 2011.

Olivares, Jaime Serra., Luis M. Garcia-Lopez, Antonio Calderon. Game Based Approaches, Pedagogical Principles And Tactical Constraints: Examining Games Modification, Journal of Teaching in Physical Education, Vol. 35, HumanKinetics Articles 2016.

Sugiyono. Cara Mudah Menyusun: Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta, 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6561

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF - 36 times


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License,

web
statistics View My Stats