ANALISIS PEMBELAJARAN KECEPATAN BERLARI DALAM PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA KESEHATAN (PJOK) SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN BANJAR

Dwi Mandono, Tri Irianto

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab dari kecepatan berlari peserta didik kelas VI di kabupaten banjar berada dalam klasifikasi kurang atau lambat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan data peneliti sebagai kunci utama, penggunaan dokumen dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani olahraga kesehatan SDN aluh aluh besar 2, SDN sungai rangas dan SDN sungai tabuk kota 2atau abumbun jaya berjumlah 3 orang.  Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa RPP pendidikan jasmani olahraga kesehatan kelas VI semester 1 dan hasil wawancara. Dari hasil menganalisis RPP penjaskes kelas VI semester 1 dan wawancara didapatkan hasil penelitian penyebab kecepatan berlari peserta didik kelas VI berada dalam klasifikasi kurang/lambat yaitu pembelajaran teknik berlari tidak diajarkan dan walaupun diajarkan hanya sebatas penyampaian, Kurang tersedianya halaman/lapangan yang luas disekolah tersebut, kurangnya kreatifitas seorang guru dalam menciptakan sebuah materi pembelajaran, kurangnya kreatifitas guru dalam memanfaatkan lingkungan sekitar, kurangnya perhatian kepala sekolah terhadap mata pelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan sehingga tidak terlalu diutamakan apa yang menjadi kebutuhan didalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga kesehatan.

 

Kata kunci: Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan, Kurikulum 2006, Pembelajaran Kecepatan Berlari, Sekolah Dasar Kabupaten Banjar


Full Text:

PDF

References


Husdarta & Yudha. 2013. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: ALFABETA, CV

Menpora. 2007. Pelatihan Pelatih Fisik Level 1. Jakarta: Asdep Pengembangan Tenaga dan Pembinaan Keolahragaan Deputi Bidang Peningkatan Prestasi dan Iptek Olahraga Kementrian Negara Pemuda Dan Olahraga.

Minarsih, Tri, dkk. Buku Sekolah Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan. Asyiknya Berolahraga 5. Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offest.

Mutohir Gusril, Toho C. 2005. Jurnal Nasional Pendidikan Jasmani dan Ilmu Keolahragaan Vol. 2 No. 2. Jakarta: Kementrian Negara Pemuda Dan Olahraga.

Nurhasan. 2011. Tips Praktis Menjaga Kebugaran Jasmani. Jawa Timur: ABIL PUSTAKA.

Pedoman Teknis Pemetaan Kebugaran Jasmani Pelajar. 2010. Pusat Pengembangan Kualitas Jasmani Kementrian Pendidikan Nasional.

Permendikbud no 54 dan 57. 2014. Kurikulum 2013 dan Pembelajaran Tematik.

Riadi, Mastur. 2010. Raih Kebugaran Jasmani Melalui Latihan Beban. Mataram.

Rusli Lutan, dkk. 2002. Supervisi Pendidikan Jamani. Jakarta Pusat: Direktorat Jenderal Olahraga

Sugiyono. 2014. Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan Kombinasi. Bandung : ALFABET, CV

Suharsimi, Arikunto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta

Suherman, Andang. 2001. Asesman Belajar dalam Pendidikan Jasmani. Jakarta Pusat : Direktorat Jenderal Olahraga.

Sukadiyanto dan Muluk, Dingsana. 2011. Pengantar Teori dan Metodologi Melatih Fisik. Bandung: Lubuk Agung.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6566

Article Metrics

Abstract view : 30 times
PDF - 28 times


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License,

web
statistics View My Stats