MENINGKATKAN KETERAMPILAN FOOTWORK ATLIT BULUTANGKIS USIA 6-12 TAHUN DENGAN PENDEKATAN BERMAIN

Taufik Hidayat Suharto

Abstract


Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan footwork atlit bulutangkis usia 6-12 tahun melalui pendekatan bermain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan sebanyak dua siklus dengan rancangan kegiatan perencanaan, observasi, tindakan, dan refleksi. Sasaran dalam penelitian ini adalah klub bulutangkis Putra Lebak. Dengan melalui pendekatan bermain dalam latihan footworkdengan pendekatan bermain pada atlit usia 6-12 klub bulutangkis Putra Lebak mempunyai peningkatan keterampilan footwork yang signifikan yaitu persentase pre test 11,0 dan post test 12,64 dengan 1 siklus melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan footwork maka tindakan yang diberikan memberikan peningkatan hasil tes dengan tingkatan ‘’sedang’’. Simpulan dari penelitian ini adalah metode pembelajaran dengan pendekatan bermain berpengaruh positif dalam meningkatkan keterampilan footwork atlit usia 6-12, yang ditandai dengan peningkatan etrampilan hasil pre test dan post test.

Kata Kunci: Pendekatan bermain, Keterampilan, Footwork, Bulutangkis.


Full Text:

PDF

References


Relationship Study. Journal of Education and Practice: Vol 2, No 5, 2011. P. 6.

Kimiya Sadri, Hassan Mohammadzadeh, Mostafa Khani. The Effect of Contextual Interference on Acquisition and Learning Badminton Skills among Children aged from 10 to 12. Annals of Applied Sport Science, vol. 1, no. 3, pp. 39-46, Autumn 2013. P. 39

M. Sukardi, 2013. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas Implementasi dan Pengembangannya. Jakarta: Bumi Aksara

M.E.,Winarno, 2011. Metodologi Penelitian Dalam Pendidikan Jasmani, Malang: Media Cakrawala Utama Press

Mardianto. 2005. Rekontruksi Perilaku Sehat Menjadi Aspek Utama Penilaian Penjaskes. Jurnal.Pendidikan Jasmani.

Monguillot hernando, et all, play the game: gamificación y hábitos saludables en educación física. / play the game: gamification and healthy habits in physical education (apunts: educació física i esports gen-mar2015), issue 119, p71 9p

Nana Syaodih Sukmadinata, 2010. Metode Penelitian pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Punaji Setyosari, 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Jakarta: Prenada Media Group.

Rochiati Wiriaatmadja. 2014. Metode Penelitian Tindakan Kelas . Bandung: PT Remaja Rodakarya

Sajeed K.P. Common Injuries in Badminton. Online International Interdisciplinary Research Journal, {Bi-Monthly}, ISSN 2249-9598, Volume-VI, May 2016 Special Issue

Saputra Y, P. 2001. Dasar-Dasar Ketrampilan Atletik Pendekatan Bermain Untuk Sekolah Lanjutan Pertama (SLTP): Direktor Jendral Pendidikan Dasar & Menengah.

Sapta Kunta. 2010. Kepelatihan Bulutangkis. Jakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Sukadiyanto. 2002. Metode Latihan Fisik. Yogyakarta: FIK Universitas Negeri Yogyakarta,

Zarwan. 2008. Buku Ajar Bulutangkis Dasar. Padang: FIK UNP




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i1.6569

Article Metrics

Abstract view : 1748 times
PDF - 4739 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats