PENDAMPINGAN DAN PELATIHAN KESEIMBANGAN TUBUH PADA GURU PJOK SEKOLAH DASAR

Encep Sudirjo, Dewi Susilawati, Anggi Setia Lengkana, Muhammad Nur Alif

Abstract


Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini guna memperkenalkan beberapa bentuk pembelajaran keseimbangan bagi siswa sekolah dasar pada Guru PJOK di Kabupaten Sumedang. Setelah menganalisis situasi, teridentifikasikan beberapa masalah sebagai beikut: (1) Masih adanya guru PJOK yang belum menyampaikan materi kebugaran jasmani terutama latihan keseimbangan, (2) Masih kurangnya pengetahuan guru PJOK tentang bagaimana bentuk pelatihan keseimbangan bagi anak-anak, (3) Masih adanya guru PJOK yang cenderung lebih menitik beratkan pada penguasaan kecabangan olahraga saja, namun mereka melupakan akan esensi dari kebutuhan gerak anak itu sendiri, yakni pemenuhan gerak dasar dan pemenuhan dasar kondisi fisik sebagai pondasi melakukan aktivitas bagi anak itu sendiri.

 

Kata kunci: Pendampingan, Pelatihan, Keseimbangan Tubuh, Guru PJOK, Sekolah Dasar


Full Text:

PDF

References


Course, B. E. (2014). Basics in Education. New Delhi: Publication Divsion by the Secretary, National Council of Educational Research and Training, Sri Aurobindo Marg, New Delhi 110 016 and printed at Karan Press (A Unit of KBT Plastics Pvt. Ltd.) A-215, Sector-83, Noida U.P.

Flavier, E., Bertone, S., Hauw, D., & Durand, M. (2002). The meaning and organization of physical education teachers’ actions during conflict with students. Journal of Teaching in Physical Education, 22(1), 20–38.

Fox, Z. G., Mihalik, J. P., Blackburn, J. T., Battaglini, C. L., & Guskiewicz, K. M. (2008). Return of postural control to baseline after anaerobic and aerobic exercise protocols. Journal of Athletic Training, 43(5), 456–463.

Gilchrist, J., Mandelbaum, B. R., Melancon, H., Ryan, G. W., Silvers, H. J., Griffin, L. Y., … Dvorak, J. (2008). A randomized controlled trial to prevent noncontact anterior cruciate ligament injury in female collegiate soccer players. The American Journal of Sports Medicine, 36(8), 1476–1483.

Mashud, M. (2018). ANALISIS MASALAH GURU PJOK DALAM MEWUJUDKAN ANALYSIS OF PJOK TEACHER PROBLEMS IN REALIZING PHYSICAL. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga, 17(2), 77–85.

Means, K. M., Rodell, D. E., & O’sullivan, P. S. (2005). Balance, mobility, and falls among community-dwelling elderly persons: effects of a rehabilitation exercise program. American Journal of Physical Medicine & Rehabilitation, 84(4), 238–250.

Nardone, A., Tarantola, J., Giordano, A., & Schieppati, M. (1997). Fatigue effects on body balance. Electroencephalography and Clinical Neurophysiology/Electromyography and Motor Control, 105(4), 309–320.

Rahimi, M., Halabchi, F., GHasemi, G. H., & Zolaktaf, V. (2009). Prevalence of karate Injuries in Professional Karateka in Isfahan. Annals of Military and Health Sciences Research, 3(7), 201–207.

Ricotti, L. (2011). Static and dynamic balance in young athletes.

Sajoto, M. (1995). Peningkatan & pembinaan kekuatan kondisi fisik dalam olah raga. Dahara Prize.

Susco, T. M., McLeod, T. C. V., Gansneder, B. M., & Shultz, S. J. (2004). Balance recovers within 20 minutes after exertion as measured by the balance error scoring system. Journal of Athletic Training, 39(3), 241.

Yim-Chiplis, P. K., & Talbot, L. A. (2000). Defining and measuring balance in adults. Biological Research for Nursing, 1(4), 321–331.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7619

Article Metrics

Abstract view : 60 times
PDF - 762 times


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License,

web
statistics View My Stats