PENINGKATAN KEMAMPUAN RENANG GAYA KUPU-KUPU MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN VARIATIF BAGI MAHASISWA

Ruslan Abdul Gani, Abdul Sukur, Setio Nugroho

Abstract


Tujuan dari penelitian untuk mengetahui peningkatan kemampuan renang gaya kupu-kupu melalui strategi pembelajaran variatif. Metode Penelitiannya dengan penelitian Tindakan Kelas menurut Kemmis and Taggart. Jumlah mahasiswa dalam penelitian ini 33 mahasiswa. Hasil Penelitian pada tes awal kategori kurang skor 42 s.d 61  sebanyak  20 orang (60,90%)  kategori cukup  skor 62 s.d 71 sebanyak 5 orang (15,15%) kategori baik  skor  72 s.d 91 sebanyak 5 orang (15,15%) kategori baik sekali skor 92 s.d 100 sebanyak 3 orang (9,09%), siklus pertama  mahasiswa yang mendapat nilai baik skor  67-75  ada 16 mahasiswa (48,48%), dan mahasiswa yang mendapat nilai  baik sekali skor 83-100 ada 17 mahasiswa (51,52%) siklus kedua mahasiswa yang mendapat nilai baik skor nilai 75 ada 8 mahasiswa (24,24%), dan mahasiswa yang mendapat nilai Baik Sekali skor 83-100 ada 25 mahasiswa (75,76%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pembelajaran renang gaya kupu-kupu dengan starategi pembelajaran variasi dapat meningkatkan keterampilan renang gaya kupu-kupu.

 

Kata Kunci : Renang Gaya Kupu-kupu, Strategi Pembelajaran Bervariasi


Full Text:

PDF

References


Febriani, A. R., Yuwono, C., & Wahyudi, A. (2012). PEMBELAJARAN PENJAS MELALUI PENDEKATAN VARIASI BOLA DALAM SHOOTING FREETHROW SMP NEGERI 2 BREBES. ACTIVE: Journal of Physical Education, Sport, Health and Recreation, 1(2).

HELMI, B. (2017). Penerapan variasi pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar pukulan forehand drive permainan tenis meja pada siswa kelas viii madrasah tsanawiyah al abraar perusahaan terbatas perkebunan nusantara ii tandem hilir i tahun ajaran 2015/2016. Volume 4 No 2, September 2016, 4(2), 65–77.

Maglischo, E. W. (2003). Swimming fastest. Human Kinetics.

Mashud, James Tangkudung, W. (2018). Swimming Lesson Based on Interactive Multimedia. International Journal of Sports Science, 8(3), 91–96. https://doi.org/10.5923/j.sports.20180803.04

Mashud, M. (2019). Variasi dan Kombinasi Dasar Gerak Renang (Pertama; A. Kristiyandaru, ed.). Banjarbaru: Prodi. PJ JPOK FKIP ULM.

Suprayitno. (2014). Pengaruh Gaya Mengajar, Renang Gaya Bebas Dan Kelentukan Terhadap Renang Gaya Kupu-Kupu. 10(November), 1–12.

Winata, D. C. (2017). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIIa SMP SWASTA AMAL BAKTI MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Tren Terbaru Dalam Penelitian Dan Penelitian Bidang Olahraga, (1), 18–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7621

Article Metrics

Abstract view : 792 times
PDF - 621 times


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License,

web
statistics View My Stats