PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENGENALAN AIR BERBASIS PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN CIPINANG CIMPEDAK 05 PAGI JAKARTA TIMUR

Bharetto Abdul Harry, Sudradjat Wiradihardja, Sri Nuraini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD Kelas IV, (2) menentukan efektivitas pengembangan model pembelajaran dengan desain yang dikemukakan oleh Bord&Gall melalui empat tahap yaitu (1) tahap identifikasi dan analisis kebutuhan, (2) tahap pengembangan desain dan draf model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV, (3) tahap pengujian (tinjauan ujicoba dan ahli ), dan (4) implementasi model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV yang terdiri dari 27 permainan. Menurut para ahli permainan, renang dan ujicoba, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV adalah efektif untuk meningkatkan tekhnik berenang siswa SD kelas IV.

 

Kata kunci : Pengembangan Model Pembelajaran, Berbasis Permainan

 


Full Text:

PDF

References


Ardha, M. A. Al. (2013). Kontribusi Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Ujian Nasional Tahun 2011 (Study Pada SMA Negeri dam Swasta Se-Surabaya). ORDIK Journal, 11(1), 52–63.

Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction (Seventh Ed). https://doi.org/10.2307/3121583

Jasmani, M. S.-P., Ilmu, F., Jasmani, D. S.-P., & Ilmu, F. (2014). ( Tgt ) Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas ( Crawl ) ( Studi pada Siswa kelas X Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan SMK Negeri 4 Probolinggo ) Firly Baihaqi Martindar Sasminta Christina Yuli Hartati. 02, 164–170.

Mashud, M. (2019). Variasi dan Kombinasi Dasar Gerak Renang (Pertama; A. Kristiyandaru, ed.). Banjarbaru: Prodi. PJ JPOK FKIP ULM.

Mashud, M., & Widiastuti, W. (2018). Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Berbasis Multimedia Interaktif. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(2), 119–133. https://doi.org/10.21009/gjik.092.05

Nuraini, S., & Nugraha, H. (2015). Teori dan Praktik Permainan Kecil. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNJ.

Andri Aritianto Setiyo Hartoto, Pendidikan, M. S.-, Kesehatan, J., Keolahragaan, F. I., Jasmani, D. S.-P., Rekreasi, K., & Keolahragaan, F. I. (n.d.). Pengaruh Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Dada Terhadap. 355–360.

Suherman, A. (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7622

Article Metrics

Abstract view : 52 times
PDF - 1451 times


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License,

web
statistics View My Stats