PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN PENGENALAN AIR BERBASIS PERMAINAN UNTUK SISWA KELAS IV SDN CIPINANG CIMPEDAK 05 PAGI JAKARTA TIMUR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengembangkan model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD Kelas IV, (2) menentukan efektivitas pengembangan model pembelajaran dengan desain yang dikemukakan oleh Bord&Gall melalui empat tahap yaitu (1) tahap identifikasi dan analisis kebutuhan, (2) tahap pengembangan desain dan draf model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV, (3) tahap pengujian (tinjauan ujicoba dan ahli ), dan (4) implementasi model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV yang terdiri dari 27 permainan. Menurut para ahli permainan, renang dan ujicoba, dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran pengenalan air berbasis permainan untuk siswa SD kelas IV adalah efektif untuk meningkatkan tekhnik berenang siswa SD kelas IV.
Kata kunci : Pengembangan Model Pembelajaran, Berbasis Permainan
Full Text:
PDFReferences
Ardha, M. A. Al. (2013). Kontribusi Tingkat Kemajuan Pendidikan Jasmani dan Olahraga Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Ujian Nasional Tahun 2011 (Study Pada SMA Negeri dam Swasta Se-Surabaya). ORDIK Journal, 11(1), 52–63.
Gall, M. D., Gall, J. P., & Borg, W. R. (2003). Educational Research: An Introduction (Seventh Ed). https://doi.org/10.2307/3121583
Jasmani, M. S.-P., Ilmu, F., Jasmani, D. S.-P., & Ilmu, F. (2014). ( Tgt ) Terhadap Hasil Belajar Renang Gaya Bebas ( Crawl ) ( Studi pada Siswa kelas X Jurusan Teknika Kapal Penangkap Ikan SMK Negeri 4 Probolinggo ) Firly Baihaqi Martindar Sasminta Christina Yuli Hartati. 02, 164–170.
Mashud, M. Variasi dan Kombinasi Dasar Gerak Renang.
Mashud, M., & Widiastuti, W. (2018). Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Bebas Berbasis Multimedia Interaktif. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 9(2), 119–133. https://doi.org/10.21009/gjik.092.05
Nuraini, S., & Nugraha, H. (2015). Teori dan Praktik Permainan Kecil. Jakarta: Lembaga Pengembangan Pendidikan UNJ.
Andri Aritianto Setiyo Hartoto, Pendidikan, M. S.-, Kesehatan, J., Keolahragaan, F. I., Jasmani, D. S.-P., Rekreasi, K., & Keolahragaan, F. I. (n.d.). Pengaruh Pengembangan Pembelajaran Renang Gaya Dada Terhadap. 355–360.
Suherman, A. (2000). Dasar-Dasar Penjaskes. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7622
Article Metrics
Abstract view : 345 timesPDF - 3057 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.