PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEAPADA PESERTA DIDIK DI SD NEGERI ATU-ATU KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT

Merliza Mutia, Herita Warni, Sarmidi Sarmidi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah ingin mendeskripsikan peran guru pendidikan jasmani dalam menanamkan  karakter peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Atu-Atu Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut dan mendeskripsikan kesesuaian materi aspek afektif pada Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru pendidikan jasmani di SD Negeri Atu-atu Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut terhadap praktik mengajar di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengambilan data observasi, wawancara, dan dokumen. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan tahu yaitu guru pendidikan jasmani, kepala sekolah dan guru kelas di SD Negeri Atu-Atu Kecamtan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut dan informan pelaku yaitu peserta didik di SD Negeri Atu-Atu Kecamtan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. Kesimpulan penelitian ini adalah guru pendidikan jasmani (I) telah menanamkan karakter positif kepada peserta didik dan selalu berperan aktif ketika pembelajaran maupun di luar jam pelajaran, (II) guru penjas belum mampu secara utuh memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter kedalam pembelajaran yang terkonsep di dalam RPP tetapi guru penjas sudah menanamkan beberapa karakter postitif namun belum terkonsep di dalam RPP.

 

Kata Kunci :Peran Guru Pendidikan Jasmani, Penanaman Karakter


Full Text:

PDF

References


Husdarta, H.J.S. 2009. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung : Alfabet.

Koesoema, Doni. 2016. Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta : Kanisius.

Lickona, Thomas. 2001. The Teacher’s Role in Character Education. Journal of Education. 179(2): 65

Lickona, Thomas. 2004. Character Matters. New York: Simon & Schuster.

Mutohir, Toho Cholik.dkk. 2011. Berkarakter dengan Berolahraga, Berolahraga dengan Berkarakter. Surabaya : SPORT Media.

Putra, Nanda Fitriyan Pratama. 2013. Peranan Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Anak dalam Mencegah Perilaku Seks Pranikah di SMA Negeri 3 Samarinda Kelas XII. Jurnal Ilmu Komunikasi. 1(3): 36.

Salahudin, Anas dan Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama & Budaya Bangsa. Bandung : Pustaka Setia.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. 2016. Pendidikan Karakter. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Sangadji, Etta Mamang. 2010. Metodologi Penelitian. Yogyakarta : ANDI

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan. Bandung : Alfabeta.

Warni, Herita. 2013. “Transformasi Karakter Tangguh dalam Proses Pembinaan Olahraga Prestasi”. Disertasi SPs Program Studi Umum Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia Bandung.

Warni, H., & Arifin, R. (2018). Character Building Values in Sports Development (Vol. 1, pp. 231–234). Vol. 1, pp. 231–234.

Warni, Herita. 2016. Junjung Tinggi Sportivitas dan Fair Play.[Online] Tersedia di https://www.google.com/amp/s/banjarmasin.tribunnews.com/amp/2016/10/12/junjung-tinggi-sportivitas-dan-fair-play




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7623

Article Metrics

Abstract view : 57 times
PDF - 758 times


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License,

web
statistics View My Stats