PENGEMBANGAN PENDEKATAN EVALUASI THE MOST SIGNIFICANT CHANGE TECHNIQUE DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN

Resty Gustiawati, Fahrudin Fahrudin, Febi Kurniawan, Eka Purnama Indah

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengembangan Pendekatan Evaluasi The Most Significant Change Technique dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan”. Penelitian ini bertujuan untuk Mengembangkan Pendekatan Evaluasi The Most Significant Change Technique (MSC) dalam Pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dalam upaya mengetahui hasil partisipatif peserta didik dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK). Pendekatan Evaluasi MSC ini menggunakan teknik bercerita untuk mengumpulkan bukti/ data yang diinginkan, serta memberikan informasi perubahan positif dan negatifnya. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif dan kuantitatif, menggunakan metode penelitian pengembangan Research & Development (R &D) dari Borg dan Gall. Teknik Pengumpulan data dimulai dari analisis kebutuhan akan pengembangan pendekatan evaluasi, pembuatan draft produk awal, validasi ahli, perbaikan produk, uji coba skala kecil, revisi, uji coba lapangan, revisi, hasil akhir. Sampel penelitian dalam survey analisis kebutuhan 10 orang guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan (PJOK), hasil dari analisis kebutuhan diperoleh data bahwa guru pendidikan jasmani membutuhkan pengembangan pendekatan evaluasi untu menilai partisipasi siswa dalam pembelajaran yang bersifa kualitatif. Kemudian pengujian pendekatan evaluasi partisipasi ini dalam uji coba skala kecil sebanyak 30 siswa dan  uji lapangan utama sebanyak 60 siswa di SMPN 2 Jayakerta. Segala bentuk kendala dalam implementasi Asesmen dan masukan para praktisi telah di revisi demi kesempurnaan asesmen pendekatan evaluasi partisipatif. Dengan demikian Asesmen pendekatan evaluasi partisipatif dinyatakan layak di gunakan dalam mengevaluasi partisipasi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di sekolah menengah pertama.

 

Kata Kunci: Pendekatan Evaluasi, The Most Significant Change Technique, Pembelajaran, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

 


Full Text:

PDF

References


Davies, R. and Dart, J. (2005) Técnica del “Cambio Más Significante”, Guía para suuso Revision de la traduccion 11 Agosto 2011. Funded by CARE International, United Kingdom Oxfam Community Aid Abroad, Australia

Dart, Jess; Davies, Rick (2003). "A Dialogical, Story-Based Evaluation Tool: The Most Significant Change Technique". American Journal of Evaluation. 24 (2): 137–155. doi:10.1177/109821400302400202. "Most significant change". Government of Australia. 7 May 2010. Retrieved 18 September 2012.

Mahendra, Agus. Perkembangan dan Belajar Gerak. Bandung: Modul UPI. 2007.

McDonald, David; Gabrielle Bammer; Peter Deane (2009). Research Integration Using Dialogue Methods. Canberra: ANU E-Press. ISBN 978-1-921536-74-8

Rick Davies,Jess Dart The Most Significant Change (MSC) Technique: A Guide to Its Use (2005)

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2011.

Willetts, Juliet; Paul Crawford (2007). "The most significant lessons about the most significant change technique". Development in Practice. 17 (3): 367–379. doi:10.1080/09614520701336907.

Winataputra, Udin, dkk. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka. 2006.

"Translations of the "Most Significant Changes" Guide". Retrieved 6 November 2013. Last edited 12 months ago by an anonymous user:https://www.betterevaluation.org/en/plan/approach/most_significant_change




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v18i2.7624

Article Metrics

Abstract view : 274 times
PDF - 1403 times


Indexed by:

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License,

web
statistics View My Stats