Motivasi untuk Hasil Pembelajaran Senam Lantai
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan antara motivasi siswa terhadap hasil belajar senam lantai roll depan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Instrumen penelitian berupa pengkuran motivasi, dan penilaian hasil belajar roll depan. Pada pengujian validitas soal angket memiliki 23 valid dan 2 tidak valid dengan jumlah keseluruhan 25 soal di uji coba pada SMP Negeri 2 Telaga dengan jumlah siswa 54 orang. Jumlah sampel 25 orang menggunakan Cluster Random Sampling di SMP Negeri 1 Telaga. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu variabel motivasi memiliki hubungan yang sangat kuat atau meyakinkan dengan hasil belajar roll depan pada cabang olahraga senam lantai. Hal ini semakin menguatkan bahwa semakin tinggi motivasi siswa, maka akan tinggi pula hasil belajar roll depan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Aka, B. A. (2009). Cerdas dan Bugar dengan Senam Lantai. Surabaya: Grasindo.
Arduta, M. Z., Kusuma, I. J., & Festiawan, R. (2020). Faktor Penentu Minat Siswa Smp Dalam Mengikuti Ekstrakurikuler Bulutangkis Di Purwokerto. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v19i1.8322
Chandra, S. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk SMP/MTs Kelas VII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional.
Dr.Wina Sanjaya, M. P. (2015). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran - Dr. Wina Sanjaya, M.Pd - Google Books.
Ega Trisna Rahayu. (2013). Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani. Bandung: Alfabeta.
Feriyanto, A., & Shyta, E. T. (2015). Pengantar Manajemen (3 in 1). Kebumen: Mediatera.
Granero-Gallegos, A., Baena-Extremera, A., Gómez-López, M., & Abraldes, J. A. (2014). Importance of Physical Education: Motivation and Motivational Climate. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.323
Ismail, I., Astuti, I., & Mering, A. (2018). Evaluation of Learning Outcome Assessment System in Health and Sports Physical Education Subject in Junior High School. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning). https://doi.org/10.26737/jetl.v3i2.767
Mashar, M. A., & Dwinarhayu. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional.
Mashud, M. (2018). Analisis Masalah Guru PJOK Dalam Mewujudkan Tujuan Kebugaran Jasmani. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Olahraga, 17(2), 77–85.
McGinnis, P. M. (2005). Biomechanics of Sport and Exercise, 2nd Edition (2nd ed.). United Kingdom: Human Kinetics.
Milcic, L., Markovic, K. Z., & Aleksic-Veljkovic, A. (2017). One Way Proceeding Of Learning Basic Gymnastic Elements. Proceedings Of The 11th International Conference On Kinanthropology: Sport And Quality Of Life (Ick 2017).
Mkaouer, B., Hammoudi-Nassib, S., Amara, S., & Chaabène, H. (2018). Evaluating the physical and basic gymnastics skills assessment for talent identification in men’s artistic gymnastics proposed by the International Gymnastics Federation. Biology of Sport. https://doi.org/10.5114/biolsport.2018.78059
Muhajir. (2014). Buku pegangan guru SMP kelas VII, pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mulhim, M. (2014). Perbandingan Pengaruh Pelatihan Senam Jantung Sehat Seri II dan Senam Kesegaran Jasmani 2000 Terhadap Kebugaran Jasmani. Jurnal Multilateral, 13(2), 165–183.
Munkácsi, I., Kalmár, Z., Hamar, P., Katona, Z., & Dancs, H. (2012). Role of motivation in artistic gymnastics by results of a questionnaire based international survey. Journal of Human Sport and Exercise. https://doi.org/10.4100/jhse.2012.7.Proc1.11
Mylsidayu, A., & Kurniawan, F. (2015). Ilmu kepelatihan dasar. Bandung: Alfabeta.
Nunomura, M., Okade, Y., & Carrara, P. (2012). How much artistic gymnastics coaches know about their gymnasts’ motivation. Science of Gymnastics Journal.
Prakoso, S. A., & Simanjuntak, V. (2019). Hubungan Motivasi dan Fleksibilitas Terhadap Hasil Belajar Senam Lantai Guling Depan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(11), 1–9.
Pratiwi, E., & Oktaviani, M. N. (2017). Meningkatkan Kesegaran Jasmani Melalui Metode Penugasan Senam Segar Ceria. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga. https://doi.org/10.20527/multilateral.v16i2.4255
Professional Development Service for Teachers. (2012). Physical Education, Physical Activity and Sport for Children and Young People - A Guiding Framework. In Departament of Education and Skills.
Rahman, M., & Amri, S. (2013). Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi pustakarya.
Rumini, S., & Sundari, S. (2004). Pengertian Remaja Menurut Para Ahli. Artikel (Online)(Http://Belajar Psikologi. Com. Diakses 28 Desember 2011).
Sarjono, & Sumarjo. (2010). PendidikanJasmani,Olahraga,danKesehatan untuk SMP/MTs Kelas IX. Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional.
Sierra-Díaz, M. J., González-Víllora, S., Pastor-Vicedo, J. C., & López-Sánchez, G. F. (2019). Can We Motivate Students to Practice Physical Activities and Sports Through Models-Based Practice? A Systematic Review and Meta-Analysis of Psychosocial Factors Related to Physical Education. Frontiers in Psychology. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.02115
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suharjana. (2013). Kebugaran Jasmani. Yogyakarta: Jogja Global Media.
Sujarwadi, & Sarjiyanto, D. (2010). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional.
Sutrisno, B., & Khafadi, M. B. (2010). Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan 2. Jarta: Pusat Perbukuan, Kementrian Pendidikan Nasional.
Tohidi, H., & Jabbari, M. M. (2012). The effects of motivation in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.148
Uno, B. H. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. Personnel Review.
Wahab, R. (2015). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Weinberg, R. S., & Gould, D. (2011). Foundations of sport and exercise psychology. In Foundations of sport and exercise psychology 2nd ed.
Wisahati, A. S., & Santosa, T. (2010). Pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan. Jakarta: Pusat Perbukuan Kementrian Pendidikan Nasional.
Zain, S. B. D. dan A. (2006). Jakarta: PT Rineka Cipta. Syaiful Bahri Djamarah Aswan Zain.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8646
Article Metrics
Abstract view : 2981 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 3843 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Tools:
Indexed by:
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.