Pengaruh Latihan HIIT dan SAQ terhadap Kelincahan dan Kecepatan

Muhamad Fauzi, Oce Wiriawan, Amrozi Khamidi

Abstract


Latihan adalah proses sistematis dan terprogram yang dilakukan berulang kali dengan beban bertahap untuk tujuan tertentu seperti peningkatan kelincahan, kecepatan dan daya tahan kardiovaskular. HIIT adalah latihan yang menggunakan intensitas tinggi dengan beban latihan di atas ambang anaerob dalam waktu singkat dengan waktu istirahat 1: 2 (30 detik: 60 detik). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh metode pelatihan High Intensity Interval Training (HIIT) dan Speed, Agility and Quickness (SAQ) pada kelincahan dan kecepatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimental menggunakan pencocokan desain saja dan analisis data menggunakan uji-t. Penelitian ini dilakukan pada 30 siswa peserta Ekstrakulikuler SMAN 1 Lawang kabupaten Malang. Data dikumpulkan dengan Pre-Test dan Post-Test dari tes Agility menggunakan T-test, tes kecepatan menggunakan run test 30 m. Hasil menemukan bahwa ada peningkatan yang signifikan dalam kelincahan dan kecepatan masing-masing 3,2%, dan 4,2%. Sedangkan untuk metode Latihan menggunakan SAQ didapatkan hasil 0,79% dan 3,7%. Kesimpulannya, sesi metode pelatihan HIIT dapat digunakan untuk meningkatkan kelincahan dan kecepatan.


Keywords


Kelincahan, Kecepatan, High Intensity Interval Training (HIIT) dan Speed, Agility and Quickness (SAQ)

References


Arifin, R., & Warni, H. (2019). Model Latihan Kelincahan Sepakbola. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2), 63–66. https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5702

Fajrin, F., Kusnanik, N. W., & Wijono. (2018). Effects of High Intensity Interval Training on Increasing Explosive Power, Speed, and Agility. Journal of Physics: Conference Series, 947(1), 0–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/947/1/012045

Hidayatullah, F. (2019). Pemetaan Kompetensi Pengetahuan Pembina Dan Pelatih Ekstrakurikuler Bola Basket Di Tingkat Sekolah Menengah Kabupaten Bangkalan. Multilateral Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 17(2). https://doi.org/10.20527/multilateral.v17i2.5703

Maksum ali. (2018). metodologi penelitian dalam olahraga. unesa university press.

Mashud, & Karnadi, M. (2015). Optimalisasi Kelincahan Pemain Futsal Pra PON Kalimantan Selatan Melalui Latihan Ladder Drill. Jurnal Multilateral Universitas Lampung Mangkurat, 14(01), 44–53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v14i1.2469

Mashud, M., Hamid, A., & Abdillah, S. (2019). Pengaruh Komponen Fisik Dominan Olahraga Futsal Terhadap Teknik Dasar Permainan Futsal. Gladi : Jurnal Ilmu Keolahragaan, 10(1), 28–38. https://doi.org/10.21009/gjik.101.04

Nugraha, A. R., & Berawi, K. N. (2017). Pengaruh High Intensity Interval Training (HIIT) terhadap Kebugaran Kardiorespirasi. Jurnal Majority, 6(1), 1–5. http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/1521

Scharfstein, M., & Gaurf. (2013). 済無No Title No Title. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Sethu, S. (2014). Comparison of plyometric training and ladder Training on Sprinting Speed, Vertical Explosive Power and Agility. Journal of Recent Research and Applied Studies, 1(1), 59–63.

Vidiari J, I., Adiatmika, I. P. G., Indah S.H. Adiputra, L. M., Tirtayasa, K., Muliarta, M., & Griadhi, A. (2017). High Intensity Interval Training (Hiit) Lebih Meningkatkan Ambang Anaerobik Daripada Steady State Training Pada Siswa Anggota Kelompok Ekstrakurikuler Atletik Lari Jarak Pendek. Sport and Fitness Journal, 5(3), 62–70. https://doi.org/10.24843/spj.2017.v05.i03.p09

Wiswadewa, Y., Adiputra, N., Satriyasa, K. B., Jawi, I. M., Adiatmika, I. P. G., & Purnawati, S. (2017). Metode High Intensity Interval Training Selama 15 Menit Dapat Meningkatkan Vo2Max Dan Kecepatan Gerak Siswa. Sport and Fitness Journal, 5(2), 30–37.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/multilateral.v19i2.8910

Article Metrics

Abstract view : 1488 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1345 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Tools:


Indexed by:

 

Creative Commons License
Multilateral : Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

web
statistics View My Stats