PENERAPAN KOLABORASI MODEL PEMBELAJARAN TANDUR DAN SAVI UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPA (STUDI PADA SISWA KELAS V SDN BASIRIH 8 BANJARMASIN)
Abstract
Arif Rahman Prasetyo
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected].
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi sifat cahaya dengan menggukanan kolaborasi model TANDUR dan SAVI. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Basirih 8 pada tahun ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dimana terlihat 100 % siswa berada dalam kualifikasi aktif dan sangat aktif. Hasil belajar juga terjadi peningkatan dimana pada evaluasi siklus I ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah sebesar 64,50% (20 orang) dengan rata-rata hasil belajar 65,71 meningkat sebesar 19,37% menjadi 83,87% (26 orang) dan rata-rata kelas meningkat menjadi 77,29. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model TANDUR dan SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA di SDN Basirih 8 tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: kolaborasi model TANDUR dan SAVI, aktivitas siswa, hasil belajar IPA
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected].
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA khususnya materi sifat cahaya dengan menggukanan kolaborasi model TANDUR dan SAVI. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Basirih 8 pada tahun ajaran 2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 31 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil analisis data, terjadi peningkatan aktivitas siswa dalam belajar dimana terlihat 100 % siswa berada dalam kualifikasi aktif dan sangat aktif. Hasil belajar juga terjadi peningkatan dimana pada evaluasi siklus I ketuntasan klasikal yang diperoleh adalah sebesar 64,50% (20 orang) dengan rata-rata hasil belajar 65,71 meningkat sebesar 19,37% menjadi 83,87% (26 orang) dan rata-rata kelas meningkat menjadi 77,29. Dapat disimpulkan bahwa penerapan kolaborasi model TANDUR dan SAVI dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada pelajaran IPA di SDN Basirih 8 tahun pelajaran 2013/2014.
Kata kunci: kolaborasi model TANDUR dan SAVI, aktivitas siswa, hasil belajar IPA
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 185 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 104 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.