MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS PADA MATERI READING RECOUNT TEXT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION(STAD) SISWA KELAS VIII/B SMP NEGERI 9 BANJARMASIN
Abstract
Isnani
Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktvtas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran reading recount teks melalui penerapan model pembelajaran type Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dan penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII/BSMPN 9 Banjarmasin, dengan jumlah siswa sebanyak 39orang siswa . Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan type pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan telah mencapai ketuntasan belajar. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas guru, mencapai kategori sangat baik. Pembelajaran sudah cenderung berpusat kepada siswa, aktivitas siswa sudah mendominasi di dalam pembelajaran dan mencapai kategori sangat aktif. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitiani ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII/B SMPN 9 Banjarmasin pada materi reading recount texs.
Kata kunci: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division (STAD), in reading recount text
Sekolah Menengah Pertama Negeri 9 Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktvtas siswa, dan hasil belajar dalam pembelajaran reading recount teks melalui penerapan model pembelajaran type Student Teams Achievement Division (STAD). Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas, dan penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VIII/BSMPN 9 Banjarmasin, dengan jumlah siswa sebanyak 39orang siswa . Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, masing-masing siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan pembelajaran dengan menggunakan type pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dan telah mencapai ketuntasan belajar. Begitu pula dengan hasil observasi aktivitas guru, mencapai kategori sangat baik. Pembelajaran sudah cenderung berpusat kepada siswa, aktivitas siswa sudah mendominasi di dalam pembelajaran dan mencapai kategori sangat aktif. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitiani ini dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII/B SMPN 9 Banjarmasin pada materi reading recount texs.
Kata kunci: Hasil Belajar, Student Teams Achievement Division (STAD), in reading recount text
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 508 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 928 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.