KEEFEKTIFAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI SISWA KELAS VI SD PANGAMBANGAN 5 BANJARMASIN

Sulistiyana Sulistiyana

Abstract


Sulistiyana
Program Pendidikan Guru Bimbingan Konseling
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran komunikasi antarpribadi siswa serta peningkatan kemampuan komunikasi antar pribadi siswa kelas VI di SD Pangambangan 5 Banjarmasin melalui teknik role playing. Sampel dalam penelitian diambil 5 orang siswa pada kelas VI dari jumlah keseluruhan siswa kelas VI yang berjumlah 32 orang siswa. Alasan peneliti memilih hanya 5 orang dari kelas VI karena dalam hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas VI diketahui ada siswa-siswa yang mengalami kendalam dalam komunikasi antarpribadi siswa berjumlah 5 orang siswa. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Data dianalisis menggunakan analisis varians (annova). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa sesudah diberikan perlakuan melalui proses bimbingan kelompok dengan teknik role playing, rata-rata komunikasi antarpribadi konseli mengalami peningkatan. Hal tersebut menunjukan bahwa teknik role playing efektif untuk meningkatkan komunikasi antarpribadi siswa.
Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Teknik Role playing

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 340 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.