MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMECAHAN MASALAH PERBANDINGAN DAN SKALA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS DENGAN TALKING STICK DI KELAS V SDN PASAYANGAN SELATAN MARTAPURA
Abstract
Norhafizah & Yulia Novita
Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan kombinasi model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Talking Stick. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pasayangan Selatan Martapura tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan 1) keaktifan siswa selalu meningkat hingga mencapai kriteria aktif, 2) hasil belajar siswa terus meningkat hingga mencapai indikator keberhasilan.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model student teams achievement divisions, talking stick.
Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan kombinasi model Student Teams Achievement Divisions (STAD) dengan Talking Stick. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pasayangan Selatan Martapura tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan 1) keaktifan siswa selalu meningkat hingga mencapai kriteria aktif, 2) hasil belajar siswa terus meningkat hingga mencapai indikator keberhasilan.
Kata kunci: Hasil Belajar, Model student teams achievement divisions, talking stick.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 210 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 279 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.