MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SUMBER DAYA ALAM DAN PENGGUNAANYA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) KELAS V SDN KARANG TARUNA 1 KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT
Abstract
Metroyadi, Mahdian, &Aristika Widaswara
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan aktifitas guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) padamateri Sumber Daya Alam dan Penggunaanyadi SDN Karang Taruna 1 Kelas V Kecamatan Pelaihari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Karang Taruna 1 kelas V Kecamatan Pelaihari pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa di kelas V adalah 32 orang, yang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Penggalian data menggunakan cara observasi aktifitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar digali dengan tes evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dan aktifitas siswa. Disarankan agar guru-guru dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dan bagi sekolah sebagai bahan masukan bagi perbaikan kualitas pembelajaran.
Kata kunci: Sumber Daya Alam Dan Penggunaanya, Teams Games Tournaments (TGT).
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan aktifitas guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) padamateri Sumber Daya Alam dan Penggunaanyadi SDN Karang Taruna 1 Kelas V Kecamatan Pelaihari. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di SDN Karang Taruna 1 kelas V Kecamatan Pelaihari pada semester ganjil tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa di kelas V adalah 32 orang, yang terdiri dari 17 anak laki-laki dan 15 anak perempuan. Penggalian data menggunakan cara observasi aktifitas siswa dalam pembelajaran dan hasil belajar digali dengan tes evaluasi tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, peningkatan pembelajaran yang dilakukan oleh guru, dan aktifitas siswa. Disarankan agar guru-guru dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran dan bagi sekolah sebagai bahan masukan bagi perbaikan kualitas pembelajaran.
Kata kunci: Sumber Daya Alam Dan Penggunaanya, Teams Games Tournaments (TGT).
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 171 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 207 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.