MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN MELALUI MODEL SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL DIVARIASIKAN DENGAN SNOWBALL THROWING PADA SISWA KELAS V DI SDN SUNGAI BESAR 1 BANJARBARU

Zulkipli Siti Rukayah

Abstract


Zulkipli & Siti Rukayah
Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Universitas Lambung Mangkurat
Banjarmasin
E-mail: [email protected]
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa pada materi perjuangan mempertahankan kemerdekaan dengan menggunakan kombinasi model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) dan Snowball Throwing. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sungai Besar 1 Banjarbaru tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas dalam dua siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan 1) keaktifan siswa selalu meningkat hingga mencapai kriteria aktif, 2) hasil belajar siswa terus meningkat hingga mencapai indikator keberhasilan.
Kata kunci: Hasil Belajar, kombinasi model SAVI dan Snowball Throwing, Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan

Article Metrics

Abstract view : 116 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 217 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.