HUBUNGAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP KINERJA GURU PADA SEKOLAH DASAR NEGERI (SDN) SE-KECAMATAN LOKSADO KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN (HSS)

Muhammad Saleh Darmiyati, Sulaiman Ika Yuliansari

Abstract


Abstrak: Membangun sumber daya manusia yang berkualitas, peranan pendidikan merupakan salah satu faktor penting, karena dibutuhkan kebijakan-kebijakan dalam pendidikan, terutama menyangkut peningkatan mutu, relevansi dan efisiensi dalam sistem pendidikan nasional. Peran kepala sekolah dan guru adalah sangat menentukan dalam peningkatan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan Supervisi Kepala Sekolah dan Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Dasar Negeri (SDN) se-Kecamatan Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian analisis deskriptif teknik korelasional, mencari kontribusi dari sejumlah variabel penelitian yang ada. Populasi penelitian adalah guru SD se-Kecamatan Loksado yang berjumlah 154 orang. Sedangkan sampel diambil dengan teknik proportional random sampling dengan jumlah sampel 111 guru. Hasil penelitian disimpulkan: (1) supervisi kepala sekolah SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan dinilai tinggi 86,49%. Kompetensi pedagogik guru SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan termasuk kategori tinggi 100%. Kinerja guru SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan termasuk kategori tinggi 71,17%. (2) ada hubungan antara supervisi kepala sekolah dengan kinerja guru SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (3) ada hubungan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan. (4) secara bersama-sama ada hubungan antara supervisi kepala sekolah dan kompetensi pedagogik dengan kinerja guru SDN se-Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan.
Kata Kunci: Supervisi Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik Guru dan Kinerja Guru

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 137 times
PDF - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.