MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI SIFAT-SIFAT KESEBANGUNAN DAN SIMETRI MELALUI KOMBINASI TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION DENGAN TALKING STICK DAN DEMONSTRATION DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI KUIN CERUCUK 4 BANJARMASIN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan peningkatan hasil belajar siswa pada materi Sifat-sifat kesebangunan dan simetri melalui kombinasi Team Assisted Individualization dengan Talking Stick dan Demonstration pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas siswa pada saat pembelajaran berlangsung, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari nilai evaluasi pada setiap pertemuan dan akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui kombinasi Team Assisted Individualization dengan Talking Stick dan Demonstration dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa pada materi Sifat-sifat Kesebangunan dan Simetri pada siswa di kelas V Sekolah Dasar Negeri Kuin Cerucuk 4 Banjarmasin.
Kata Kunci: Hasil Belajar, kesebangunan, simetri.
Kata Kunci: Hasil Belajar, kesebangunan, simetri.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 195 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 196 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.