PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS (STUDI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 DATAR AJAB KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) dipadu Think Pair Share (TPS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 datar Ajab tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan 1) keaktifan siswa selalu meningkat hingga mencapai kriteria aktif, 2) hasil belajar siswa terus meningkat hingga mencapai indikator keberhasilan.
Kata kunci: PBL, TPS, CTL, Aktivitas dan Hasil Belajar
Kata kunci: PBL, TPS, CTL, Aktivitas dan Hasil Belajar
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 122 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 704 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.