PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS (STUDI PADA SISWA KELAS IV SDN 2 DATAR AJAB KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH)

Mahfuzatul Husna

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan kombinasi model Problem Based Learning (PBL) dipadu Think Pair Share (TPS) berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 datar Ajab tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan 1) keaktifan siswa selalu meningkat hingga mencapai kriteria aktif, 2) hasil belajar siswa terus meningkat hingga mencapai indikator keberhasilan.
Kata kunci: PBL, TPS, CTL, Aktivitas dan Hasil Belajar

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 704 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.