MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PERUBAHAN KENAMPAKAN BUMI DAN BENDA LANGIT MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE (TPS) DIKOMBINASIKAN DENGAN TALKING STICKDAN WORD SQUARE DI KELAS IV SDN KARANG MEKAR 8 BANJARMASIN
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran serta peningkatan hasil belajar siswa pada materi organisasi melalui pendekatan kooperatif dengan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS)Dikombinasikan dengan Talking Stick danWord Square.Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Setting penelitian adalah siswa kelas siswa kelas IV SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 20 orang siswa terdiri dari 12 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif berupa hasil belajar yang diambil menggunakan tes evaluasi belajar dan data kualitatif yang diambil melalui lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan pembelajaran menggunakan pendekatan kooperatif dengan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Dikombinasikan dengan Talking Stick dan Word Square dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar, pada siswa kelas IV SDN Karang Mekar 8 Banjarmasin.
Kata kunci: Hasil Belajar, bumi, benda langit
Kata kunci: Hasil Belajar, bumi, benda langit
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 451 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 367 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.