PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIK DAN MODEL TREEFINGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PECAHAN (STUDI PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNG MAKMUR 4 KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT)

Nurhidayati Nurhidayati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan kombinasi model Matematika Realistik dan Treefinger. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gunung Makmur 4 Kabupaten Tanah Laut tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan 1) keaktifan siswa selalu meningkat hingga mencapai kriteria aktif, 2) hasil belajar siswa terus meningkat hingga mencapai indikator keberhasilan.
Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Model Treefinger, dan Hasil Belajar.

Article Metrics

Abstract view : 84 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.