PENERAPAN PEMBELAJARAN REALISTIK DAN MODEL TREEFINGER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PECAHAN (STUDI PADA SISWA KELAS V SDN GUNUNG MAKMUR 4 KECAMATAN TAKISUNG KABUPATEN TANAH LAUT)
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan kombinasi model Matematika Realistik dan Treefinger. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan dua pertemuan di setiap siklusnya. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Gunung Makmur 4 Kabupaten Tanah Laut tahun ajaran 2014/2015. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis untuk mengetahui hasil belajar siswa setiap akhir pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan 1) keaktifan siswa selalu meningkat hingga mencapai kriteria aktif, 2) hasil belajar siswa terus meningkat hingga mencapai indikator keberhasilan.
Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Model Treefinger, dan Hasil Belajar.
Kata kunci: Pembelajaran Matematika Realistik, Model Treefinger, dan Hasil Belajar.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 84 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 75 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.