MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP PESAWAT SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) KOMBINASI MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN MELAYU 11 BANJARMASIN
Abstract
Abstrak: Pembelajaran yang cenderung satu arah menyebabkan siswa menjadi pasif, minat dan motivasi belajar rendah, sehingga hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA tidak maksimal.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA konsep Pesawat Sederhana dengan menggunakan model Think Pair Share (TPS) kombinasi Make A Match pada siswa kelas V SDN Melayu 11 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2, setiap pertemuan terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui teknik (tes formatif) dan observasi. Model variasi Think Pair Share (TPS) dan Make A Match V SD Melayu 11 Banjarmasin dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar IPA belajar Simpel Pesawat Konsep di kelas.Saran kepada kepala sekolah hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu pertimbangan dalam pembinaan guru-guru, khususnya dalam memilih model pembelajaran IPA konsep pesawat sederhana.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Make A Match
Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Make A Match
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 189 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 474 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Paradigma by Program Studi PGSD FKIP Unlam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/paradigma/.