Musik Nasyid dalam Perspektif Fungsi Musik Alan P. Merriam
Abstract
Intisari. Musik nasyid merupakan sajian musik Islami yang pada awal kemunculannya di Indonesia disajikan dalam format acapella. Musik nasyid memiliki beragam fungsi, Terdapat tujuh fungsi berdasarkan fungsi musik Alan P. Merriam, di antaranya fungsi pengungkapan emosional, fungsi pengahyatan estetis, fungsi hiburan, fungsi komunikasi, fungsi perlambangan, fungsi berkaitan dengan norma sosial, dan fungsi pengintegrasian masyarakat. Saat ini, ketujuh fungsi tersebut melekat erat pada musik nasyid di masyarakat. Namun tidak menutup kemungkinan, fungsi musik nasyid di masa depan semakin bertambah, mengingat kemungkinan-kemungkinan penggunaan musik di masa depan bisa lebih kompleks dan lebih luas lagi daripada saat ini.
Kata Kunci: musik nasyid, fungsi musik, alan p. meriam, musik Islami
Abstract. Nasyid music is an Islamic music presentation that at the beginning of its appearance in Indonesia was presented in acapella format. There are seven functions based on Alan P. Merriam's music functions, including the function of emotional expression, the function of aesthetic appreciation, the function of entertainment, the function of communication, the function of symbolism, the function related to social norms, and the function of community integration. Currently, these seven functions are closely attached to nasyid music in society. However, it is possible that the functions of nasyid music in the future will increase, considering the possibilities of using music in the future can be more complex and wider than today.
Keywords: nasyid music, music function, alan p. meriam, Islamic music
Full Text:
PDFReferences
stuti, K. S. (2009). Pengembangan model evaluasi pembelajaran dalam perspektif penciptaan makna baru pada grup nasyid DIY.
Hardjana, S. (1983). Estetika Musik. Depdikbud.
Irawana, T. J., & Desyandri, D. (2019). Seni Musik Serta Hubungan Penggunaan Pendidikan Seni Musik Untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3), 222–232. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.47
Itasari, A. A., Herawati, D. M., & Aji, H. K. (2023). Komunikasi Musik : Hubungan Erat Antara Komunikasi dengan Musik Musical Communication : The Close Relationship Between Communication and Music. 12(1), 55–62.
Jamalus. (1988). Panduan Pengajaran buku Pengajaran musik melalui pengalaman musik. Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan.
Merriam, A. P. (1963). Antropologi Musik. North Western University Press.
Poetra, A. E. (2004). Revolusi Nasyid. MQS Publishing.
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar Menggunakan Media Lagu Anak Dalam Pembelajaran Ipa Sekolah Dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i2.830
Program, W., Pendidikan, S., Musik, S., Pendidikan, J., Fakultas Bahasa, S., & Seni, D. (2016). Fungsi Seni Musik dalam Kehidupan Manusia. Jurnal Antropologi Sosial Dan Budaya, 2(1), 101–107. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/anthropos
Sahad, A. S. A. H. & M. N. (2020). Nasyid Sebagai Wasilah Dakwah Dalam Kalangan Masyarakat Kontemporari. E-Journal Penyelidikan Dan Inovasi, 7(2), 94–108.
Satria, E., Sanusi, B., & Mohamed, R. (2017). Analisis Terhadap Peranan Nasyid Dalam Dakwah. In Jurnal Ilmiah Islam Futura (Vol. 16, Issue 2).
Yanti, F. (2016). KOMUNIKASI DAKWAH DALAM KESENIAN NASYID. Al Mishbah, 12, 211–231.
Zuhri, S. (2019). Tarbiyah Ruhiyah(Pendidikan Ruhani) Bagi Anak Didik Dalam Perspektif Pemikiran Pendidikan Islam. AS SIBYAN, Jurnal Kajian Kritis Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Dasar, 2(1), 39–55.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v7i2.19410
Article Metrics
Abstract view : 126 timesPDF - 410 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by
View Our Stats