Hierarki Nilai Kesenian Madihin dalam Tinjauan Filsafat Nilai Max Scheler

Muhammad Budi Zakia Sani

Abstract


Intisari. Madihin adalah kesenian tradisional masyarakat suku Banjar di Kalimantan Selatan. Kesenian madihin berkaitan dengan nilai, bahwa setiap pertunjukan seni mengandung multinilai yang terungkap dalam keseluruhan lakon. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kesenian madihin dalam pertunjukan dan maknnya mengandung beragam nilai. Ragam nilai tersebut terungkap dianalisis secara hierarkis. Artikel ini membahas nilai-nilai yang terkandung di dalam kesenian madihin dengan menggunakan pisau analisis hierarki nilai dalam pandangan filsafat nilai Max Scheler. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Berdasarkan analisis yang dilakukan, diketahui bahwa ada lima tingkatan hierarki nilai yang terkandung di dalam madihin yaitu nilai dakwah, magis, religiusitas, estetis, dan nilai budaya.

Kata Kunci: madihin, masyarakat banjar, filsafat nilai, max scheler

Abstract. Madihin is a traditional art of the Banjar tribe in South Kalimantan. Madihin art is related to value, that every art performance contains multiple values that are revealed in the whole play. This can show that madihin art in its performances and meaning contains a variety of values. The variety of values revealed is analyzed hierarchically. This article discusses the values contained in madihin art by using the value hierarchy analysis knife in the view of Max Scheler's value philosophy. The research approach used is to use qualitative research methods. Based on the analysis conducted, it is known that there are five levels of value hierarchy contained in madihin, namely da'wah, magical, religiosity, aesthetic, and cultural values.

Keywords: madihin, banjar community, philosophy of value, max scheler


Full Text:

PDF

References


Flick, U. (2002). An Introduction To Qualitative Research. SAGE. Frondizi, R. (2011). What Is Value? Pustaka Pelajar.

Ganie, T, N. (2016). Sastra Banjar Lama Bercorak Puisi. Tuas Media.

Hadi, S. (2017). Etika Banjar. ULM Press.

Henri. (2018). Makna dan nilai-nilai yang terkandung dalam sila Pancasila. 11(2), 40–

https://butew.com/2018/02/27/makna-dan-nilai-nilai-yang-

terkandung-dalam-sila-pancasila/

Kartini. (2008). Horizon Estetika. Badan Penerbitan Fakultas Filsafat UGM. Koentjoroningrat. (2006). Sejarah Teori Antropologi. UI Press.

Lestari, W. (2014). the Philosophy of Puppet Characters Bathara in Murwakala

Play for the Value of Leadership Ethics. Harmonia: Journal of Arts Research

and Education, 14(1), 8–15. https://doi.org/10.15294/harmonia.v14i1.2785 Purnomo, T. W., & Aulia, S. M. (2021). Analisis Lagu Mudiak Arau Dalam Pertunjukan Talempong Pacik Ikua Parik Kanagarian Limbanang. Grenek

Music Journal, 10(1), 46. https://doi.org/10.24114/grenek.v10i1.24891 Rafik, M. (2013). Struktur Penyajian, Bentuk, Nilai, dan Fungsi Madihin John Tralala

dan Hendra.

Rohidi, T. R. (2011). Metodologi Penelitian Seni. Cipta Prima Nusantara.

Sani, M.B.Zakia, S. (2022). Pengembangan Keterampilan Pertunjukan Madihin

Di Komunitas Madihinesia Kalimantan Selatan Muhammad. Ilung : Jurnal

Pengabdian Inovasi Lahan Basah Unggul, 1(3), 89–97.

Sunarto. (2014). Filsafat Seni Nusantara. Imaji, April, 1–6.

Thaha, M. . & S. B. (2014). Pantun Madihin Lamut. Pustaka Banua. Wahana, P. (2004). Nilai Etika Aksiologi Max Scheler. Kanisius.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v9i1.19457

Article Metrics

Abstract view : 80 times
PDF - 68 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by

            


View Our Stats

Flag Counter     

 Creative Commons License

All publications by Pelataran Seni are licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License