Kajian Pertunjukan Musik di Indonesia: Sebuah Pengantar
Abstract
Studi mengenai musik pada abad ke-21 ini telah meluas ke berbagai objek. Musikologi, sebagai studi mayor yang mulanya berkonsentrasi pada disiplin sejarah musik, analisis, dan teori—yang telah dirintis oleh Guido Adler dan kawan-kawan sejak 1885—kini telah merambah ke wilayah kreativitas dan pertunjukan. Musikologi juga dipergunakan untuk menyisir sebab-musabab penciptaan musik hingga ke aspek bagaimana suatu pertunjukan musik dapat diulas lebih mendalam untuk menghasilkan makna-makna baru bagi musisi maupun audiens (music performance studies). Tulisan ini mengetengahkan fakta dan wacana mengenai kajian pertunjukan musik berdasarkan fenomena musikal terkini yang terjadi di Indonesia. Ada dua pertanyaan mendasar yang diajukan dalam tulisan ini, yaitu: Mengapa kajian pertunjukan musik dianggap perlu untuk dikembangkan? Apa dampak yang paling nyata dan signifikan dari disiplin kajian pertunjukan musik, khususnya bagi musisi dan audiens? Untuk memperkuat tulisan ini digunakan studi literatur, pengamatan lapangan, dan wawancara kepada subjek-subjek yang berkaitan. Diharapkan melalui tulisan ini dapat ditemukan asumsi-asumsi pokok dari pertanyaan di atas guna memancing dialektika bagi elemen pendukung kemajuan musik itu sendiri, khususnya di Indonesia.
Kata kunci: kajian pertunjukan musik, musikologi, musisi, audiens, pendidikan musik
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Auslander, Philip. 2004. Performance Analysis and Popular Music: A Manifesto. Contemporary Theatre Review. Routledge.
Cook, Nicholas. 2001. Beetwen Process and Product: Music an/as Performance. The Online Journal of The Society for Music Theory.
Donovan dan Elliot. 2004. Music and Literature in German Romanticism. Camden House.
Fulcher, Jane. 2005. The Composers as Intellectual: Music and Ideology in France 1914-1940. Oxford University Press.
Hardjana, Suka. 2004. Musik: Antara Kritik dan Apresiasi. Kompas.
Halperin (ed.). 2005. Musical Performance and Musical Research. Tel Aviv University.
LE, Sumaryo. 1978. Komponis, Pemain Musik, dan Publik. Pustaka Jaya.
Parncutt dan McPherson (ed.). 2002. The Science and Psychology of Music Performance: Creative Strategies For Teaching and Learning. Oxford University Press.
Sloboda, dkk (ed.). 2007. Psychology For Musicians: Understanding and Acquiring The Skills. Oxford University Press.
Simatupang, Lono. 2013. Pergelaran: Sebuah Mozaik Penelitian Seni-Budaya. Jalasutra.
Timmers dan Honing. 2002. On Music Performance, Theories, Measurement and Diversity. Hermes Science Publication.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/jps.v2i2.5207
Article Metrics
Abstract view : 1215 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 1408 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed by
View Our Stats