MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN KO-RUF-SI (KOTAK HURUF EDUKASI) BERBASIS WORD SQUARE PADA MATERI KEDAULATAN RAKYAT DAN SISTEM PEMERINTAHAN DI INDONESIA KELAS VIIIC SMP NEGERI 1 LAMPIHONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Abstrak: Anak cenderung tidak begitu tertarik dengan pelajaran PKn karena selama ini pelajaran PKn dianggap sebagai pelajaran yang hanya mementingkan hapalan, kurang menantang serta membosankan. Tujuan utama dilakukan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa menggunakan media pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) berbasis word square pada materi Kedaulatan Rakyat dan Sistem Pemerintahan di Indonesia Kelas VIIIC SMPN 1 Lampihong Tahun Pelajaran 2014/2015. Aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan melalui penggunaan media pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) berbasis word square. Hal tersebut terlihat dari skor rata-rata aktivitas siswa yang relevan dengan pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus pertama sampai siklus kedua. Pada siklus pertama skor rata-rata aktivitas siswa meningkat dari 63,60% menjadi 74,50% mengalami peningkatan sebesar 10,90%. Demikian juga tentang ketuntasan belajar pada siklus pertama 65% dan pada siklus kedua menjadi 85% mengalami peningkatan sebesar 20%. Sementara untuk respon siswa terhadap pembelajaran adalah dominan siswa setuju bahwa pembelajaran PKn dengan media pembelajaran Ko-Ruf-Si (Kotak Huruf Edukasi) berbasis word square dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan persentase 95,6%.
Kata kunci: aktivitas dan hasil belajar, media pembelajaran Ko-Ruf-Si, model pembelajaran word square.Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Anriyadi, Fariska. 2010. Penerapan Media Animasi dan Karikatur dengan Menggunakan Software Microsoft PowerPoint (PPt) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PKn Pada Materi Sistem Hukum dan Peradilan Internasional di Kelas XI IS-1 SMA PGRI 7 Banjarmasin. Unlam Banjarmasin. Skripsi.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi,dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar grafika.
Arsyad, A. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada. BP7 Pusat. 1995. UUD 1945, P4, GBHN, Bahan Penataran P4. Jakarta: BP7 Pusat
Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: Publisher.
Depdiknas. 2006, Standar Kompetensi Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan tahun 2006, Jakarta: Depdiknas
Depdiknas. 2008. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas & Peraturan Pemerintah R.I. No 47
Tahun 2008 Tentang Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara
Djamarah, Bahri Syaiful. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta
E. Mulyana. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteistik dan implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya
Hamalik, Oemar. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Harun, Charlotte A. dan Nadiroh, Siti. 2010. Role Play dalam Pembelajaran Speaking di Kelas III Sekolah Dasar. Laboratorium UPI Kampus Cibiru Bandung. PTK
Indra. 2009. Hasil Belajar (Pengertian dan Definisi). (http://indramunawar. blogspot.com) diakses 21 Desember 2014
Kaelan, MS. 2004, Pendidikan Pancasila, Edisi Reformasi. Jogjakarta: Paradigma
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Lemhanas. 2001. Pendidikan Kewarganegaraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum
Lumbantoruan, Aston. 2007. Meningkatkan kemampuan memecahkan masalah HAM dalam mata pelajaran PKn khususnya kelas X Ak pada SMKN 3 Jakarta menggunakan model Problem Based Learning. SMKN 3 Jakarta. PTK
Huda, Nurul. 2012. Penerapan model pembelajaran talking stick untuk meningkatkan kemampuan mengeluarkan pendapat dan hasil belajar PKn dalam pokok bahasan kedaulatan rakyat dan sistem pemerintahan pada siswa kelas VIII A di SMP Negeri 26 Banjarmasin. Unlam Banjarmasin. Skripsi.
Sardiman, A.M. 2010. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Saudah. 2013. Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi barisan dan deret dengan Menggunakan model Problem Based Instruction (PBI) di kelas IXB SMPN 3 Paringin tahun pelajaran 2013/2014. SMPN 3 Paringin. PTK.
Simorangkir, Surya Ningrad. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ekonomi Kelas VII SMPN 1 Pahae Jae Tahun Ajaran 2012/2013”. Unimed Medan. Skripsi
Suyono & Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sudijono. 2011. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suparlan. 2013. Bimtek PTK MGMP PKn Kab. Balangan. Makalah.
Tim Depdiknas. 2004. Pelayanan Profesional Kurikulum 2004. Jakarta: Depdiknas.
Uno, B. Hamzah. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta : Bumi Aksara.
Usman. 2011. Teori Hasil Belajar. (http://fuddinbatavia.com) diakses 21 Desember 2011
Wijana, Eka. 2011. Penerapan Model Belajar Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika (Penelitian Tindakan Kelas Siswa VIII-C SMP Al-Falah Karangwangi Depok. (http://skripsiekawijana. blogspot. com/2011/09/penerapan-model-belajar-word-square.html) diakses 04 Mei 2015
Widjonarko. 2011. Pengaruh Pembelajaran Matematika Dengan Study Pattern of Students Creatifity Pada Materi Kesebangunan Siswa Kelas X. Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPA IKIP PGRI Semarang.
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i2.2326
Article Metrics
Abstract view : 1932 timesPDF - 3580 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2016 Pendidikan Kewarganegaraan
KERJASAMA DENGAN
Diindeks oleh:
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .