MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA MELALUI PERMAINAN (GAME) RANKING I PADA MATERI NORMA DALAM KEHIDUPAN BERSAMA DI KELAS VII A SMPN 4 PELAIHARI

Maslani Maslani

Abstract


Permasalahan pada pembelajaran PKn di sekolah, khususnya SMPN4 Pelaihari adalah diantaranya masalah hasil belajar dan keaktifan  siswa yang rendah, dan demikian pula dengan efektifitas guru dalam pembalajaran juga belum secara optimal. Hal ini ditengarai karena peran guru masih dominan menggunakan ceramah sehingga pembelajaran menjadi monoton dan menjenuhkan bagi siswa, dan pada akhirnya hasil belajar siswa juga rendah. Penggunaan model pembelajaran permainan (game) Ranking I diharapkan dapat  meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Model pembelajaran  ini dipilih karena lebih bermakna, menarik, tidak menjemukan, serta dapat merangsang minat dan motivasi siswa untuk belajar sehingga diharapkan hasil belajar dan keaktifan  siswa  pun akan meningkat, dan demikian pula peran guru dalam pembelajaran lebih efektif. Penerapan dan penelitian ini dilakukan di  SMPN 4 Pelaihari Kecamatan Bajuin Kabupaten Tanah Laut. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 25 orang, 12 laki-laki dan 13 perempuan, semester 1 (ganjil)  tahun pelajaran 2015/2016. Hasil pengamatan dan analisis menunjukkan bahwa  rata-rata hasil belajar siswa 81,6  dan aktifitasnya 88,8 % . Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan prestasi siwa dalam mengikuti pembelajaran PKn dengan menggunakan model permainan (game) Ranking I  ini telah berhasil mencapai target atau harapan yang diinginkan yaitu  meningkatnya hasil belajar dan aktifitas  siswa dalam pembelajaran PKn materi Norma dalam Kehidupan Bersama. Demikian pula dengan efektifitas peran guru dalam pembelajaran mencapai 98,9%. Tingkat prosentase ini menunjukkan efektifitas peran guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model permainan (game) Ranking I pada pembelajaran PKn materi Norma dalam Kehidupan Bersama. Disarankan kepada semua guru untuk meningkatkan kinerja dan profesionalisme guru, hendaknya guru dalam mengajar senantiasa menggunakan metode dan model pembelajaran yang bervariasi sehingga tidak menimbulkan kebosanan dan kejenuhan siswa dalam mengikuti pembelajaran, khususnya model permainan (game) Ranking I.

 

Kata kunci: hasil belajar, keaktifan, ranking I, dan efektifitas.

Full Text:

PDF

References


Azhar, Lalu Muhammad. 1983. Proses Belajar Mengajar Pola CBSA.Surabaya. Usaha Nasional

Asmani, Jamal Ma,mur.2009. Tips Menjadi Guru Inspiratif, Kreatif,dan Inovatif. Yogyakarta. DIVA Pres.

Barizi, Ahmad. 2009. Menjadi Guru Unggul. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media.

Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Yogyakarta. DIVA Press.

Daryanto. 2013. Strategi Tahapan Mengajar. Bandung. CV.YRAMA WIDYA.

Depdiknas. 2000. Materi LKG PPKN. SLTP. Jakarta.

Hartono, Rudi. 2014. Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta. DIVA Press.

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Imron, Ali.1996. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta.PT.Dunia Pustaka Jaya.

Khotimah,Rulasmini. 2009. Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn Kelas III SDN Benerwojo Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Malang.

Muhammad, Uzer Usman. 1995. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudjana, Nana.1983. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Rohani, Ahmad dkk. 1995. Pengelolaan Pengajaran. Jakarta. PT.Rineka Cipta.

Sulistyono, T. 2003. Modul Umum. Wawasan Pendidikan. Jakarta. Depdiknas.

Suyanto,dkk. 2013. Bagaimana Menjadi Calon Guru dan Guru Profesional. Yogyakarta. Multi Pressindo

Tresna Sastrawijaya,A. 1991. Pengembangan Program

Pengajaran. Jakarta PT.Rineka Cipta.

Tafsir, Ahmad. 1995. Metodologi Pengajaran Agama Islam. Bandung

PT.Remaja Rosdakarya.

Thoifuri. 2008. Menjadi Guru Inisiator. Semarang. RaSAIL Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i2.2329

Article Metrics

Abstract view : 720 times
PDF - 3101 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera