GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH SMA DI BANJARMASIN

Yuli Triana St. Aisyah

Abstract


Peran Kepala sekolah sangat penting pada organisasi yang sedang mengalami perubahan seperti SMA. Kepala sekolah memiliki peran yang kuat dalam mengkoordinasikan, menggerakkan dan menyerasikan semua sumber daya pendidikan yang tersedia di sekolah melalui gaya kepemimpinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran tentang gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA di Banjarmasin dalam aktivitas pengambilan keputusan, distribusi informasi, konsultasi dan delegasi wewenang. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, Wakil Kepala sekolah, Guru, Karyawan Tata Usaha, Siswa dan Orang tua/Wali Murid SMA di Banjarmasin. Data diperoleh dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan kepala sekolah SMA di wilayah Banjarmasin adalah partisipatif dalam pengambilan keputusan, keterbukaan  informasi, pemberian konsultasi dan pendelegasian wewenang. Kepala sekolah memberikan kepercayaan sepenuhnya kepada bawahan dalam pelaksanaan tugas- tugasnya. Kepala sekolah tidak hanya memberikan arahan tetapi juga feed back terhadap masukan yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diberikan saran bahwa dalam pengambilan keputusan, keterbukaan informasi, konsultasi dan pendelegasian wewenang alangkah baiknya keterlibatan guru dan karyawan secara aktif diperlukan.

 

Kata kunci: gaya kepemimpinan,  kepala sekolah.

Full Text:

PDF

References


Ditjen Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, 2007. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia. Ditjen Dikdasmen

Husnan S & Heidjrachman, 2002. Manajemen personalia, (Edisi keempat). Yogyakarta: BPFE.

Iqbal, J.A., Inaya, S., Ijaz, M. dan Ana, Z., 2004. Leadership Styles: Identifying Approaches and Dimensions of Leaders. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business, July Vol. 4, No. 3: 641-659

Kayode, E.O. dan Charity, R.A, 2013. Leadership Styles and Work Effectiveness of School Principals in Ekiti State: Case Study of Ado-Ekiti Local Government Area. Developing Country Studies Vol.3, No.3: 64-74

Robbins, P.S. 2006. Perilaku Organisasi terjemahan, Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia

Robbins dan Judge. 2008. Perilaku Organisasi, Edisi Duabelas, Penerbit Salemba Empat: Jakarta

Siagian, S. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Thoha, 2008. Perilaku Organisasi: Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: Grafindo Persada.

Sutanto & Setiawan. 2000. Teori Kepemimpinan. Yogyakarta: Kanisius.

Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabet.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v6i2.2430

Article Metrics

Abstract view : 364 times
PDF - 1102 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera