Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VI SD Negeri Tatakan 2 Kecamatan Tapin Selatan

Mahutma Gandhi Jamilah

Abstract


Menyelenggarakan pendidikan sekolah dalam rangka mencapai tujuan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri Tatakan 2 semester I tahun pelajaran 2016/2017 melalui penggunaan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri Tatakan 2 kelas VI tahun pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 11 orang terdiri dari 7 putra dan 4 putri. Secara umum pembelajaran dari siklus 1 ke siklus 2 ada peningkatan yang baik. Sehingga dapat disimpulkan penggunaan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) mampu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD Negeri Tatakan 2. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya ketuntasan klasikal hasil belajar siswa.Sebelum diberikann tindakan ketuntasan belajar siswa dalam kelas yaitu 54% atau 6 siswa. Setelah diberikan tindakan dengan penggunaan penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada siklus 1 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 72% atau 8 siswa. Sedangkan pada siklus 2 ketuntasan klasikal belajar siswa meningkat mencapai 90% atau 10 siswa.

Full Text:

PDF

References


Andayani, dkk. Materi pokok Pemantapan Kemampuan Profesional Jakarta. Universitas terbuka ,2008.

Djohar. 2006. Pendidikan Nasional Menyongsong Masa Depan. Yogyakarta: Grafika Indah.

Gronlund, N.E.1998. Assiment of Student Achievemen Sixth Edition. Boston: Allyn and Bacon

Hamalik, O. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung:Bumi Aksara.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemmis dan Taggart. 1988. The Action Research Planner. Deakin University, Third Edition.

Kusumah, W. 2012 Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Indeks.

Ricklifs, M. 2005. Sejarah Indonesia Moderen 1200-2004. Jakarta: Serambi

Supardjo, M. Ed, Drs, dkk. 2003. Penguasaan Media dalam Pembelajaran. Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.

Tim Pustaka Yustisia. 2007. Panduan Lengkap Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Yogyakarta: pustaka Yustisia.

Wiratmaja, R. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3533

Article Metrics

Abstract view : 338 times
PDF - 2648 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera