Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kedaulatan dengan Menggunakan Model Jigsaw di Kelas VIII SMP Negeri 4 Bati Bati

Sampurno Sampurno

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: pertama bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw pada materi kedaulatan di kelas VIII C SMPN 4 Bati-Bati. Kedua Bagaimana aktivitas guru dengan menggunakan model Jigsaw pada materi kedaulatan di kelas VIII C SMPN 4 Bati-Bati. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa presentase tingkat keaktivan siswa pada siklus 1 pertemuan 1 memang sudah baik (80) dan siklus 1 pertemuan 2 meningkat 90, namun hal tersebut belum memuaskan peneliti dan oleh sebab itu dilakukan perbaikan yang merupakan hasil refleksi siklus 1. Ada perubahan yang cukup menggembirakan setelah dilakukan perbaikan, yaitu pada siklus 2 pertemuan 1 dan 2  tingkat keaktivan siswa sudah mencapai  96,25 tetapi  hal tersebut belum memuaskan peneliti dan oleh sebab itu dilakukan perbaikan  hasil refleksi siklus 3tingkat keaktivan siswa sudah mencapai 100% Artinya, semua siswa dalam kelompok bekerja sama, aktif, dinamis, penuh kebersamaan sehingga dapat mengerjakan tugas kelompoknya dengan baik. Berdasaran tabel dan grafik diatas dapat disimpulkan pada siklus 1 ada kekurangan dikegiatan inti dan akhir, di siklus 2 pertemuan 1 kekurangan dikegiatan inti dan akhir, pada pertemuan 2 kekurangan di kegiatan inti. Kekurangan itu sudah terlihat pada siklus 1 dan 2 kemudian diusahakan perbaikan pada siklus 3, Alhamdulillah hasilnya sudah optimal. Jadi dalam pembelajaran Model Jigsawbisa diterapkan, untuk mengembangkan penalaran dan menumbuhkan semangat kerjasama antar siswa serta keberanian mengeluarkan pendapat.

 

Kata Kunci: jigsaw, hasil belajar, kedaulatan

Full Text:

PDF

References


Depdiknas, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Depdiknas, 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi PKn. Jakarta.

Depdiknas, 2005. Pedoman Evaluasi Proses dan Hasil Belajar PKn SMP/ MTs

Muslimin Ibrahim, dkk 2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.

Lou anne Johnson 1991. Pengajaran Kreatif dan Menarik

Lou anne Johnson 2009. Pengajaran Kreatif dan Menarik

Sugiharso, Sugiyono, Gunawan, Karsono. 2007. PKn Kelas VIII

Sri Hastuti Lastyawati, Supriyanto. 2007. Pendidikan Kewarganegaran kelas VIII

Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta

Wijianto. 2007. PKn VIII




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3549

Article Metrics

Abstract view : 226 times
PDF - 236 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera