Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Kedaulatan dengan Menggunakan Model Jigsaw di Kelas VIII SMP Negeri 4 Bati Bati
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang: pertama bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw pada materi kedaulatan di kelas VIII C SMPN 4 Bati-Bati. Kedua Bagaimana aktivitas guru dengan menggunakan model Jigsaw pada materi kedaulatan di kelas VIII C SMPN 4 Bati-Bati. Metode dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa presentase tingkat keaktivan siswa pada siklus 1 pertemuan 1 memang sudah baik (80) dan siklus 1 pertemuan 2 meningkat 90, namun hal tersebut belum memuaskan peneliti dan oleh sebab itu dilakukan perbaikan yang merupakan hasil refleksi siklus 1. Ada perubahan yang cukup menggembirakan setelah dilakukan perbaikan, yaitu pada siklus 2 pertemuan 1 dan 2 tingkat keaktivan siswa sudah mencapai 96,25 tetapi hal tersebut belum memuaskan peneliti dan oleh sebab itu dilakukan perbaikan hasil refleksi siklus 3tingkat keaktivan siswa sudah mencapai 100% Artinya, semua siswa dalam kelompok bekerja sama, aktif, dinamis, penuh kebersamaan sehingga dapat mengerjakan tugas kelompoknya dengan baik. Berdasaran tabel dan grafik diatas dapat disimpulkan pada siklus 1 ada kekurangan dikegiatan inti dan akhir, di siklus 2 pertemuan 1 kekurangan dikegiatan inti dan akhir, pada pertemuan 2 kekurangan di kegiatan inti. Kekurangan itu sudah terlihat pada siklus 1 dan 2 kemudian diusahakan perbaikan pada siklus 3, Alhamdulillah hasilnya sudah optimal. Jadi dalam pembelajaran Model Jigsawbisa diterapkan, untuk mengembangkan penalaran dan menumbuhkan semangat kerjasama antar siswa serta keberanian mengeluarkan pendapat.
Kata Kunci: jigsaw, hasil belajar, kedaulatan
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Depdiknas, 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi PKn. Jakarta.
Depdiknas, 2005. Pedoman Evaluasi Proses dan Hasil Belajar PKn SMP/ MTs
Muslimin Ibrahim, dkk 2000.Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: University Press.
Lou anne Johnson 1991. Pengajaran Kreatif dan Menarik
Lou anne Johnson 2009. Pengajaran Kreatif dan Menarik
Sugiharso, Sugiyono, Gunawan, Karsono. 2007. PKn Kelas VIII
Sri Hastuti Lastyawati, Supriyanto. 2007. Pendidikan Kewarganegaran kelas VIII
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta
Wijianto. 2007. PKn VIII
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i1.3549
Article Metrics
Abstract view : 226 timesPDF - 236 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Pendidikan Kewarganegaraan
KERJASAMA DENGAN
Diindeks oleh:
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .