IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER UTAMA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDN NEGERI KOTA BANJARMASIN
Abstract
Implementasi nilai-nilai utama dalam pembelajaran PKn sedikit banyak memperlihatkan belum dilaksanakan ke dalam tahapan-tahapan pembelajaran. Tujuan penelitian adalah mengeksplorasi dan menganalisis implementasi nilai-nilai karakter utama dalam pembelajaran di SDN Banjarmasin. Penelitian dilakukan secara kualitatif, dengan metode wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu mengidentifikasi nilai-nilai karakter bervariasi dari tidak, sedikit, sebagian bahkan semua mampu diidentifikasi. Implementasi dalam perencanaan, dari sebagian kecil telah memuat seluruh nilai, dan sebagian besar memuat beberapa nilai. Implemementasi dalam kegiatan pembelajaran, tidak semua terlaksana, karena beberapa kendala, seperti waktu yang tidak cukup, kesesuaian dengan isi materi, belum tahu cara mengintegrasikan ke dalam materi dan penilaian. Implementasi penilaian cukup bervariatif, masing-masing sekolah memiliki cara dalam bentuk tes tertulis dan lisan, presentasi atau project maupun penilaian terhadap perilaku,tetapi yang paling banyak dilakukan adalah melalui penilaian sikap (disposition).
Kata-kata kunci: implementasi, nilai-nilai karakter utama, PKn, pembelajaran, penilaian
Full Text:
PDFReferences
Althof, Wolfgang and Berkowitz, M.W. (2006). Moral Education and Character Education. Journal of Moral Education. Volume 35, Number 4, December 2006, pp.495-518. Online http://characterandcitizenship.org/ PDF/Moral EducationandCharacter EducationAlthofBerkowitz.pdf.(diakses 24 Juni 2015)
Beland, K. (Ed.). (2003). Eleven Principles Sourcebook. Washington, D.C: Character Education Partnership.
Berkowitz, M.W and Bier, M.C. (2005). What Work is Character Education: a Research-Based Guide for Practisioner. Washington: D.C: Character Education Partnership.
Davies, I., Gorard, S., and McGuinn, N. (2005). “Citizenship Education and Character Education; Similarities and Constrasts.” British Journal of Educational Studies, 53 (3), 2005.
Dewey, J.(1922). Human Nature and Conduct: an Introduction to Social Psychology. New York: Henry Holt ad Company.p. 38
Faridah. (2013). Kinerja Guru PKn dalam Penanaman Nilai-nilai karakter pada Siswa di SMK Bina Banua Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 3. Nomor 5. Mei 2013, hal 314-319. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
Fraenkel, J.R (1997). How to Teach About Values: an Analytic Approach: New Jersey: Prentice-Hall, Inc.p. 2
Hoge, J.D. (2002). “Character Education, Citizenship Education, and Social Studies.” The Social Studies. 93(3). pp 103-108. Online.http://dx.doi.org/10.1080/ 00377990209599891. Diakses 19 Maret 2016.
Howard, R.W., Berkowitz, M.W., Schaeffer, E.F. (2004). “Politics of Character Education”. Educational Policy.18 (1). 2004.pp.188-215. Online. http://dx.doi.org/10.1177/ 0895904803260031. Diakses 15 Februari 2016.
Jannah, Miftahul. (2012). Internalisasi Nilai Kejujuran pada Pembelajaraan PKn di MTs Negeri Banjar Selatan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 2. Nomor 4. Nopember 2012. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Lambung Mangkurat
Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum Balitbang.
Kemendiknas. (2011). Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Ditjen Dikdas Ditbin SDN.
Kemendiknas. (2013). Kebijakan Nasional Pembangunan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025; Jakarta: Pusat Pengembangan Kurikulum dan Buku.
Kiftiah, Mariatul. (2015). Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal dalam pembelajaran PKn pada SDN Negeri di Kabupaten Hulu Sungai Utara. Laporan Penelitian. Amuntai: Jarlit Pendidikan Kabupaten Hulu Sungai Utara. . tidak dipublikasikan.
Kurniawan, Machful Indra.(2013). Integrasi Pendidikan Karakter ke dalam Pembelajaran Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, Jilid 1, Nomor 1, April 2013, hlm. 37- 45.
Lickona, T.(1991). Educating for Character. New York: Bantam.
Lickona, T and Davidson, M..(2005). Character Matters. New York: Simon and Schuster.
McClellan, B.E. (1999). Moral Education in America; Schools and the Shaping of Character from Colonial Times to the Present. New York: Teachers College Press.
Milson, A.J and Chu, B.(2002). “Character Education for Cyberspace: Developing Good Netizens.” The Social Studies. 2002. pp.117-119.
Mitha. (2014). Internalisasi Nilai Nasionalisme dalam Pembelajaran PKn pada Siswa MAN 2 Model Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan. Volume 4. Nomor 8. Nopember 2014, hal 314-319. Banjarmasin: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan FKIP Universitas Lambung Mangkurat.
Samani, Muchlas, dan Hariyanto.(2012) Pendidikan Karakter; Konsep dan Model. Bandung: P.T. Remaja Rosdakarya.
Nafisatur, Rofiah. (2012). Implementasi Nilai-nilai Demokrasi pada Proses Pembelajaran PKn di MAN Kota Blitar. Skripsi. Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraa. Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang.
Olson, Charles.L.(1987). Statistic, Making Sense Data. Massachusetts: Allyn and Bacon, Inc.p. 93.
Revell, L.(2002). “Children’s Responses to Character Education.” Educational Studies. 28(4).2002.pp. 421-431
Silay, Nur.(2014). “Another Type of Character Education, Citizenship Education.” International Journal of Education. Volume 6.Number 2.2014. p.1
Soemantri, Endang.(2011). Pendidikan Karakter: Nilai Inti bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press. hal.82.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV.Alphabeta. hal. 93.
Supandi, Dodi. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan. Online. http://dodisupandiblog. blogspot. com/2010/05.pengertian-pendidikan-kewarganegaraan.html. Diakses 15 Oktober 2015.
Wahyu. (2009). Metode Penelitian Kualitatif. Banjarmasin: FKIP Universitas Lambung Mangkurat. hal. 70-72
Wiyono, Joko. (2013). Desain Integrasi Pendidikan Karakter ke dalam Pembelajaran PKn Pokok Bahasan Pelaksanaan Demokrasi dalam Berbagai Kehidupan Kelas VIII MTs Negeri Barambai. Tesis. Banjarmasin: Program Studi Magister PIPS Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat.Tidak dipublikasikan. hal. 5
DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v8i2.4939
Article Metrics
Abstract view : 1106 timesPDF - 4847 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan
KERJASAMA DENGAN
Diindeks oleh:
Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .