Kepedulian Orang Tua dalam Menanamkan Karakter Peduli Lingkungan (Studi terhadap Warga di Bantaran Sungai Kuin Kota Banjarmasin)

Muhammad Elmy, Heru Puji Winarso

Abstract


Untuk membentuk manusia yang sadar pentingnya menjaga kelestarian sungai, maka perlu usaha yang dapat membina, mengarahkan dan menjadikan seseorang mempunyai jiwa yang mencintai lingkungan. Orangtua sebagai pendidik pertama dan utama dalam rumah tangga mempunyai peran yang sangat besar untuk membentuk sikap dan perilaku anak agar peduli terhadap lingkungan, khususnya mereka yang tinggal di bantaran sungai pinggiran kota Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan mengetahui kepedulian orang tua yang tinggal di bantaran sungai melalui sikap dan peranannya terhadap upaya menanamkan karakter peduli lingkungan kepada anak-anaknya. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara secara mendalam, hingga kemudian dianalisis dengan teknis model interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepedulian orang tua lewat sikap dan perannya dalam membentuk karakter peduli lingkungan pada anak tidak berpengaruh besar bila tidak didukung dengan kondisi masyarakat yang juga memiliki sikap-sikap peduli terhadap lingkungan.

 

Kata Kunci: Kepedulian, Orang Tua, Karakter Peduli Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutardjo. 2013. Pembelajaran Nilai Karakter: Komstruktivisme dan VCT Sebagai Inofasi Pendekatan Pembelajaran Afekti. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Echols, John. 2005. Kamus Populer. Jakarta: Rieneka Cipta Media.

Daryanto dan Suryatri Darmiatun. 2013. Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Gava Media.

Fadlillah, Muhammad. 2012. Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathurrohman, Pupuh. Dkk. 2013. Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Adita

Fitri, Agus Zaenul. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah. Jogjakarta: Ar-ruzz Media.

Herdiansyah, Haris. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika, 2010.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Buku Induk Pengembangan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidik Nasional.

Lickona, Thomas.1991. Educating for Character: How Our School Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.

Miles, M.B dan Huberman, Michael. 1992. Analisis Data Kualitatif. Penerjemah Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Pers.

Novrinda, dkk. 2017. Peran Orangtua Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Ditinjau Dari Latar Belakang Pendidikan. jurnal Potensia , P G - PAUD FKIP UNIB , Vol . 2 No. 1. 2017.

Samani, Mukhlas dan Hariyanto.2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v9i2.7553

Article Metrics

Abstract view : 1195 times
PDF - 2987 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan

KERJASAMA DENGAN 

 

Diindeks oleh:

 



Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan oleh  Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan ULM dilisensikan dengan  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 .  

Penghitung Bendera